CiriCara: Cara Merencanakan Keuangan Agar Cepat Kaya

CiriCara.com – Hampir setiap orang ingin memiliki banyak uang atau menjadi orang kaya. Untuk mewujudkan hal tersebut tidak hanya kerja keras yang dibutuhkan, tapi juga diperlukan perencanaan keuangan yang baik. Namun, masih ada sebagian orang yang tidak mempunyai rencana tersebut. Mereka hanya menjalani hidup saja dan bermimpi sewaktu-waktu mereka bisa menjadi kaya.

Untuk bisa menjadi kaya biasanya yang ada dipikiran sebagian orang adalah bekerja keras. Bekerja sekeras apapun tidak memungkinkan mereka menjadi kaya. Misalnya, menjadi kuli bangunan, buruh pabrik, tukang ojek, dan lain sebagainya. Sekeras apapun mereka bekerja akan sulit sekali menjadi kaya jika tidak memiliki perencanaan keuangan yang tepat.

Selain bekerja keras, untuk bisa menjadi kaya adalah dengan menabung. Dengan mengikuti rencana tersebut maka jutaan orang akan menghabiskan hidupnya dengan memandang keluar jendela dari kereta mereka yang lambat atau dari mobil mereka terjebak dari kemacetan lalu lintas dengan menyaksikan rumah-rumah mewah, perusahaan besar, bahkan limosin.

Sebenarnya ada perencanaan keuangan yang tepat agar Anda bisa kaya cepat. Dicuplik dari Detikfinance, Tung Desem Waringin, seorang motivator handal Indonesia mengatakan bahwa ada cara tepat untuk membangun rencana agar cepat kaya. Berikut 3 caranya:

1. Mulai memikirkan masa depan

Bila ingin cepat kaya, maka Anda harus mulai dari yang akhir. Anda harus menentukan dahulu umur berapa ingin pensiun, berapa uang yang dimiliki pada saat itu, atau berapa banyak pasif income pada waktu pensiun nanti.

2. Cari bidang yang disukai

Saat ini, mulailah mengenal diri untuk mengetahui bidang apa yang Anda sukai. Misalnya Anda menyukai masak, di masa yang akan datang atau sudah pensiun tentunya Anda bisa membuka usaha sendiri dengan membuka rumah makan. Dengan begitu, penghasilan yang Anda dapat akan bertambah.

3. Cari orang yang sudah berhasil

Agar bisa cepat kaya, Anda harus belajar dari orang yang terlebih dahulu sukses. Orang yang terlebih dahulu sukses tentunya memiliki banyak pengalaman, baik itu suka maupun duka. Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya kerjasama untuk membangun sebuah usaha baru dan menggunakan RICE (Resources, Ide, Contact, Expertise) dari orang itu. Maksudnya adalah agar Anda bisa menerapkan pengalamannya dan menjadi sukses sepertinya.

Selain ketiga cara di atas, Anda juga harus memiliki tekad yang kuat dan selalu berdoa kepada-Nya. Selain itu, Anda juga harus pintar-pintar mengelola gaji dan mengelola keuangan lainnya agar keinginan menjadi kaya akan segera terwujud. (NR)


comments powered by Disqus