Data Rahasia Gedung Putih Selamat dari Serangan Peretas

by
October 2nd, 2012 at 4:16 pm

Washington (CiriCara.com)Gedung Putih menyatakan pada hari Minggu (30/09/12) sistem jaringan pemerintahan AS telah diserang oleh peretas.

Untungnya, para peretas tidak sampai mengambil data rahasia milik negara adi daya tersebut. Mereka hanya berhasil menembus sistem jaringan yang terbuka serta tidak ada indikasi data-data rahasia yang dicuri.

Pengelola situs tersebut, Washington Free Beacon sempat mengatakan bahwa serangan yang mereka alami ini adalah ulah dari para peretas China. Peretas ini menembus sistem yang digunakan oleh Kantor Militer Gedung Putih pusat komando nuklir.

Mereka menggunakan sistem penembus jaringan yang standar, yaitu dengan mengirimkan surel yang berisi link di dalamnya. Jika penerima surel tersebut membuka link itu, maka perangkat lunak yang sudah dibuat di dalam link itu akan menyusup ke sistem komputer si penerima. Cara seperti ini dikenal dengan istilah Spear-phishing.

Salah seorang pejabat Gedung Putih, Senin (1/10/12) lalu mengungkapkan bahwa jenis serangan semacam ini tidak memberikan dampak berarti pada sistem jaringan pertahanan AS. Akan tetapi, saat ditanya apakah serangan itu datang dari negara China, pihak Gedung Putih tidak memberikan jawaban yang merujuk kepada sang pelaku.

Sedangkan, pihak Washington Free Beacon mengatakan bahwa para peretasnya diduga menggunakan server komputer di China yang juga membobol masuk ke sistem jaringan Kantor Militer Gedung Putih pusat komando nuklir. Serangan semacam ini juga pernah muncul pada bulan September.

Sebagai negara maju dan kuat seperti Amerika Serikat sudah seharusnya memiliki pertahanan ganda untuk setiap sistem jaringan komputer di dalam pemerintahan, sehingga kumpulan data dan kode-kode rahasia negara tidak dapat diretas oleh pihak-pihak yang licik. (yk)

Yahoo

Comment di sini