Keren! Google Street View Bisa Telusuri Dunia Bawah Laut [Foto]

by
October 2nd, 2012 at 10:39 am

CiriCara.com – Google Street View, sebuah fitur dari Google Maps yang memungkinkan penggunanya untuk melihat obyek dalam peta sebesar 360 derajat telah merambah berbagai tempat menakjubkan di penjuru dunia seperti Benua Antartika, Kennedy Space Center milik NASA, sungai Amazon dan museum-museum terkenal di berbagai negara.

Dan kini Google Street View bahkan telah merambah dunia bawah laut!

Diberitakan oleh Wptv.com, Google telah meluncurkan pemandangan kehidupan bawah laut Great Barrier Reef di Australia, Pulau Apo di Filipina dan sekitar Kepulauan Hawaii.

Foto-foto menakjubkan yang bisa dilihat dalam Google Street View di bawah ini menampilkan sekumpulan ikan cantik, tanaman laut, kura-kura dan penghuni bawah laut lainnya. Sekarang, setiap pengguna Google Maps dapat melihat kehidupan bawah laut tanpa perlu repot-repot berenang dan menyelam.

Mashable

Mashable

Mashable

Inhabitat

Inhabitat

Foto-foto bawah laut milik Google diambil melalui kerja sama dengan Catlin Seaview Survey, sebuah proyek nirlaba yang bertujuan untuk mendokumentasikan kehidupan di sekitar terumbu karang. Hasil penelitian dari proyek Catlin digunakan oleh para ilmuwan untuk mempelajari efek perubahan iklim global terhadap kehidupan laut. Dengan mendokumentasikan terumbu karang melalui foto, dampak kenaikan air dan keasaman air laut akan lebih mudah diteliti.

Selain itu, menurut Richard Vevers, Direktur Pelaksana dari Catlin Seaview Survey, kerja sama dengan Google akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran ekosistem laut dalam menjaga keseimbangan planet bumi.

Untuk mengambil gambar, Catlin menggunakan kamera yang telah didesain khusus mirip hiu bernama SVII. Kamera ini dikontrol menggunakan tablet tahan air yang merekam setiap data Global Positioning System (GPS) beserta sudut pengambilan gambar.

Proyek Catlin telah berhasil mengabadikan 15.000 foto bawah laut yang masing-masing diambil dengan 3 sudut yang berbeda. Akhir tahun nanti, Catlin berencana akan mengambil sekitar 50.000 hingga 100.000 foto panorama bawah laut. Area pun akan diperluas hingga Bermuda, Kepulauan Karibia, Samudera Hindia dan Coral Triangle yang meliputi wilayah kepulauan Jepang hingga Indonesia. (RN)

WPTV

Comment di sini