Waspadai Modus Baru Pemerasan di Jalanan Ibukota!

by
October 2nd, 2012 at 1:58 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Aksi kriminal di jalanan kota Jakarta kian beragam dalam hal modus yang dipergunakan. Di Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat, baru saja terjadi perampasan telepon seluler milik seorang pengendara mobil yang tengah terjebak macet.

Modus yang digunakan yakni memecah kaca mobil kemudian mengancam akan membacok korban dengan menggunakan kapak. Dalam kasus tersebut, seorang pelaku tewas setelah tertembus peluru petugas kepolisian, sedangkan lima orang lainnya berhasil melarikan diri.

Polisi terpaksa melepaskan tembakan ke arah pelaku karena mereka tak mengindahkan peringatan yang dikeluarkan oleh petugas.

Aksi penjahat dengan modus lain yang meresahkan masyarakat juga terjadi di daerah Tanjung Priok. Seperti diberitakan Tempo.co, Heri Subekti, seorang pengendara motor yang dituduh telah terlibat pengeroyokan terhadap seseorang hampir menjadi korban aksi ini.

Menurut pemberitaan, pengendara motor yang melewati kawasan Tanjung Priok pada Sabtu sore (29/9) tiba-tiba diteriaki dua orang yang diketahui bernama Rikki Yakob (22 tahun) dan Deni (27 tahun). Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Tanjung Priok Komisaris Sutikno seperti dikutip Tempo.co mengatakan pelaku biasa berteriak, ‘Heh, lu yang ngeroyok adek gue ya!’ kepada target.

Selain diteriaki, target juga dikejar dengan menggunakan sepeda motor. Setelah terkejar, pelaku mengancam akan memukuli korban kecuali diberi benda yang diminta mereka seperti telepon seluler.

Heri yang saat saat itu ketakutan terpaksa menyerahkan telepon selulernya kepada pelaku, namun untung saja ada sejumlah warga yang mengetahui kejadian ini sehingga pelaku bisa diringkus dan diserahkan ke kantor polisi.

Kedua pelaku merupakan pekerja di kawasan Jalan Skip II Kelurahan Sunter Jaya. Mereka telah diamankan di Mapolsek Tanjung Priok dengan ancaman penjara maksimal 9 tahun menurut Pasal 368 Kitab Undang Undang Hukum Pidana tentang pemerasan apabila terbukti bersalah di persidangan. (hp)

Comment di sini