5 Kecanduan Internet Terkonyol di Era 90-an

by
October 3rd, 2012 at 10:17 am

CiriCara.com – Sindrom kecanduan internet telah ada sejak awal-awal teknologi digital ini diperkenalkan ke publik. Internet menjadi “mainan” baru banyak orang yang penasaran tentang kecanggihannya.

Kini, banyak orang yang tak bisa melewatakan 5 menit tanpa membuka akun Facebook atau Twitter mereka. Bagaimana dengan orang-orang di era 90-an? Berikut adalah 5 virus kecanduan internet yang pernah merebak khususnya di Amerika Serikat pada tahun 90-an:

1. Nonton video di RealPlayer

Sebelum ada YouTube, video di internet diunduh untuk kemudian ditonton dengan menggunakan perangkat lunak RealPlayer. Perangkat ini dirilis pada 1995, jauh sebelum ada VLC Player (2001) dan Media Player Classic (2003).

 2. Mengunduh skin Winamp

Hampir semua orang  yang mendengarkan lagu lewat komputer menggunakan Winamp di tahun 90-an. Satu hal yang dianggap keren dan patut dibanggakan oleh orang-orang ini adalah ketika Winamp yang ada di komputer memiliki skin menawan.

 3. Mengobrol lewat ICQ

Sebelum ada jejaring sosial semacam Facebook dan Twitter yang bisa digunakan untuk mengobrol dengan orang lain, ICQ merajai dunia per-chatting-an dengan efek suara “o..o”-nya yang terkenal.

 4. Perang flame

Dulu, orang-orang gemar berperang kata-kata pedas dan kasar di forum atau grup obrolan. Kalau sekarang, istilah yang digunakan untuk orang-orang itu adalah “troll komentator”. Bedanya, pada 90-an para troll sering mengetik dengan menggunakan keyboard yang caps lock-nya rusak sehingga yang tertulis adalah huruf kapital semua. Dan kini banyak forum yang dengan tegas melarang anggotanya untuk menggunakan kata-kata kasar dalam berkomentar.

 5. Membuat situs di GeoCities

GeoCities merupakan situs web hosting yang amat populer di tahun 90-an. Sayangnya, GeoCities telah ditutup pada 2009 setelah sebelumnya diakuisisi oleh Yahoo!.

Dulu, aktivitas-aktivitas di atas bisa dibilang keren dan membanggakan. Tapi sekarang orang-orang yang lebih “modern” menganggapnya sebagai suatu hal yang konyol bila dibandingkan dengan kecanggihan teknologi saat ini. Kini, tinggal tunggu waktu saja kapan Facebook-an akan dibilang sebagai aktivitas yang konyol.

TruTV

Comment di sini