6 Tipe Pengguna Internet

by
October 3rd, 2012 at 3:59 pm

CiriCara.com – Saat ini kemajuan teknologi sudah semakin canggih dan membuat orang ingin terlibat di dalamnya. Salah satu kemajuan teknologi yang ada saat ini yaitu dengan adanya internet. Hampir semua orang tentunya pernah bersentuhan dengan internet, baik itu dari laptop ataupun ponsel. Namun, tak semua pengguna internet itu sama.

Alasan orang untuk menggunakan internet bermacam-macam, seperti untuk sekedar kesenangan, keperluan kerja, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui tipe-tipe pengguna internet yang ada di Indonesia, sebaiknya simak 6 tipe pengguna internet berikut ini:

1. Si kasual

Si kasual ini biasanya menggunakan internet untuk mengusir kebosanan atau lagi gak ada kerjaan. Tipe pengguna internet ini banyak ditemui di kantor-kantor. Mereka menggunakan internet bila sedang bosan bekerja, lalu memilih untuk pura-pura kerja dengan membuka berbagai macam situs.

2. Si pecandu

Tipe yang satu ini merupakan kebalikan dari si kasual. Si pecandu merupakan orang-orang yang dunia nyatanya sudah pindah ke internet. Bila satu hari saja tidak menggunakan internet, maka mereka akan gelisah. Tipe ini biasanya memiliki kepribadian yang berbeda antara di dunia nyata dan maya. Di dunia nyata, mereka bisa saja tidak terkenal dan dilupakan orang. Sementara di dunia maya, mereka bawel, selalu mengomentari, dan tenar. Mungkin hal inilah yang membuatnya jadi kecanduan menggunakan internet.

3. Si pelit

Si pelit ini sebenarnya orang yang suka internetan, tapi tidak mau bayar internet. Cara yang dilakukannya adalah main ke rumah teman yang ada internet atau fasilitas WiFi-nya, lalu memakainya sesuka hati tanpa ada rasa malu-malu. Tipe ini biasanya memperlakukan rumah temannya itu seperti warnet, tetapi mereka tak membayarnya.

4. Si pintar

Tipe ini tentunya pintar memanfaatkan situasi yang ada. Mereka tahu benar bagaimana caranya untuk bisa menggunakan internet dengan biaya semurah mungkin, tapi dengan hasil yang maksimal. Contohnya, mereka pegi ke kafe yang ada fasilitas WiFi-nya, lalu mereka mengakses dan mengunduh berbagai film atau lagu semaunya.

5. Si orangtua

Tipe yang satu ini adalah orang-orang yang menggunakan internet, namun pada dasarnya tidak mengerti mengenai internet dan membuat orang lain geram terhadap sikapnya. Tipe ini bisa dikatakan orang yang “Gaptek” dan mereka selalu mengetik alamat website di search bar Google atau bertanya kepada orang lain, seperti “Nyalahin internet gimana sih?” atau “Kalau mau main facebook tuh di mana ya?.” Orang-orang seperti ini biasanya ada pada orangtua yang kurang memahami kemajuan teknologi saat ini.

6. Si “Kepo”

Tipe pengguna internet yang satu ini merupakan orang yang selalu ingin mengetahui kehidupan orang lain di media sosial. Ketika menggunakan internet, kerjaannya hanya melihat foto-foto orang lain, lalu mengunduhnya. Selain itu, si kepo juga akan memperhatikan dengan detail status atau pembicaraan orang lain, melalui Twitter, Facebook, Instagram, Path, dan media sosial lainnya.

Nah, setelah mengetahui berbagai tipe pengguna internet di atas, termasuk yang manakah Anda?

(NR)

Comment di sini