Buruh Mogok Massal, Puluhan Perusahaan Libur

by
October 3rd, 2012 at 11:06 am

Tangerang (CiriCara.com) – Aksi unjuk rasa buruh besar-besaran yang dilangsungkan hari ini Rabu, 3 Oktober 2012 berdampak pada perusahaan tempat para karyawan bekerja.

Di Kabupaten Tangerang, puluhan perusahaan memilih untuk libur dan mengijinkan para karyawan untuk berdemonstrasi, seperti yang diberitakan oleh Tempo.co.

”Pekerjanya demo, perusahaan meliburkan diri,” ujar Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Tangerang, Juanda Usman, kepada sumber yang sama.

Aksi unjuk rasa para buruh akan dilangsungkan selama 1 hingga 4 hari ke depan. Akibatnya sekitar 50 dari 200 perusahaan yang masuk dalam anggota Apindo meliburkan diri.

Dengan aksi unjuk rasa yang dilakukan buruh, para pengusaha merugi karena perusahaan tidak beroperasi. Tentunya hal ini juga sangat tidak menguntungkan bagi iklim investasi. Juanda juga menegaskan jika kerugian atas perusahaan-perusahaan ini memberikan efek domino bagi semua sektor usaha dalam lingkup lokal maupun nasional.

Aksi mogok kerja yang dilakukan para buruh ditujukan untuk menuntut para pengusaha dan pemerintah agar  menghapuskan sistem kerja kontrak dan outsourcing serta penerapan upah murah yang selama ini digunakan perusahaan.

Poniman, selaku Ketua Aliansi Buruh Tangerang Raya mengatakan jika sekitar 50 ribu buruh se Tangerang Raya akan turun ke jalan dan bergabung dengan buruh se-Jabodetabek hari ini.

“Saatnya buruh memperjuangkan haknya untuk bisa hidup layak,” kata Poniman kepada sumber yang sama.

Sedangkan untuk mengantisipasi hal ini, pihak kepolisian telah menghimbau para pengguna kendaraan bermotor untuk tidak melewati jalur sekitar  kawasan perusahaan di Jabodetabek.

(RN)

Comment di sini