CiriCara: Cara Agar Tidak Terjangkit Coronavirus Saat Haji

by
October 3rd, 2012 at 1:07 pm

CiriCara.com – Bulan haji menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat muslim. Masyarakat muslim yang ada di dunia, termasuk kurang lebih 200 ribu masyarakat muslim Indonesia secara bertahap akan menuju Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Keberangkatan para jemaah haji pada tahun 2012 sudah dimulai pada Jumat, 21 September 2012 kemarin.

Dilansir Mediaindonesia, Dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dari FKUI-RSCM mengatakan bahwa terdapat sedikit gangguan pada kloter pertama karena berita penemuan coronavirus yang menyerupai virus penyebab SARS. Seperti yang dicuplik dari situs Seputarindonesia, European Centre for Disease Prevention and Control (ECDC) atau P2PL Eropa juga menyebutkan bahwa coronavirus yang baru diidentifikasi itu tidak sama secara genetis dengan virus corona-SARS dan tidak menunjukkan gejala dimulainya wabah baru SARS.

Coronavirus sama seperti virus lain yang menyebabkan gejala infeksi saluran pernafasaan, batuk dan sesak nafas. Namun, hingga saat ini masih ditelusuri bagaimana virus berkembang. Coronavirus pada umunyaa ditularkan melalui batuk dan bersin. Jemaah haji akan tertular jika tidak memakai masker atau kondisi badan kelelahan.

Kabar mengenai virus yang diduga mirip SARS ini tidak menjadi kendala bagi para jemaah haji Indonesia. Jemaah haji harus tetap bisa melaksanakan perjalanan ke Arab Saudi. Walaupun tidak mencemaskan keberadaan virus ini, namun para jemaah haji harus tetap waspada dan menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci. Berikut tips yang dapat diberikan agar tidak terkena virus tersebut:

1. Istirahat cukup

Selama berada di Tanah Suci, para jamaah haji harus beristirahat yang cukup. Kegiatan ibadah selama berada di sana sudah cukup membuat Anda kelelahan dan harus mengurangi aktivitas non ibadah agar tidak terkena virus tersebut.

2. Mengonsumsi buah-buahan

Makanan yang dimakan di sana juga harus Anda perhatikan. Usahakanlah agar Anda tetap memakan sayur-mayur. Selain itu, konsumsi juga buah-buahan terutama buah kurma agar kondisi badan Anda tetap sehat dan tidak merasa kelelahan selama berada di Tanah Suci.

3. Hindari gorengan dan minuman dingin

Walaupun udara di sana panas, usahakan untuk tidak meminum air dingin. Selain itu hindari juga untuk memakan gorengan. Air dingin dan gorengan bisa membuat kondisi badan Anda mudah lelah.

4. Mengonsumsi air zam-zam

Selama berada di sana, Anda juga harus perbanyak minum air zam-zam yang tak dingin minimal 8-10 gelas perhari.

5. Memakai masker

Bukan hanya umat muslim Indonesia saja yang berada di Tanah Suci, namun seluruh umat muslim di dunia juga akan berbondong-bondong untuk menjalankan rukun islam yang kelima. Suasana di sana tentunya akan sangat ramai dan Anda diharuskan untuk memakai masker. Bawalah persediaan masker untuk bisa dipakai di sana.

Selain itu, Anda juga diharuskan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh dan memaksimalkan waktu untuk beristirahat. Bila Anda memperhatikan itu semua, maka ibadah haji akan terasa hikmah dan kembali ke Tanah Air dengan kondisi badan yang tetap bugar. (NR)

Comment di sini