CiriCara: Cara Membuat Puisi Cinta Untuk Pacar

by
October 3rd, 2012 at 2:33 pm

CiriCara.com – Puisi merupakan ungkapan perasaan atau pikiran penyairnya dalam satu bentuk ciptaan yang utuh dan menyatu. Mencurahkan perasaan dengan merangkai kata-kata terkadang menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi penyairnya. Pusi ada banyak temanya, antara lain perjuangan, politik, hingga percintaan.

Puisi cinta ditulis seseorang untuk mencurahkan isi hati yang paling dalam mengenai percintaan. Bahasa yang dipakai untuk membuat puisi cinta biasanya memakai bahasa kiasan yang membuat hati pembacanya jadi ikut terbawa perasaan. Misalnya, seorang laki-laki memberikan sebuah puisi cinta untuk pasangannya, isi dari pusi tersebut merupakan ungkapan perasaan si cowok yang memuji kecantikannya. Pusi tersebut tentunya akan membuat si cewek terpesona dan mungkin semakin mencintai pasangannya.

Namun, tidak semua orang jago untuk membuat puisi cinta. Padahal membuat dan memberikan seseorang puisi cinta bisa dikatakan hal yang romantis. Agar kamu bisa jago membuat puisi cinta, sebaiknya simak cara berikut ini dicuplik dari Khafid.com:

1. Kuasai perasaanmu

Pada saat menulis puisi cinta, kamu harus bisa mengendalikan perasaan, entah itu dalam keadaan sedih atau senang. Biarkan saja mengalir apa adanya agar puisi terebut tepat pencapaiannya.

2. Fokus kepada satu target

Menulis sebuah puisi cinta, kamu juga harus bisa fokus kepada satu target. Misalnya, kamu ingin membuatkan puisi untuk sang kekasih, sebaiknya menggambarkan dirinya saja, bukan orang lain. Kamu bisa mendeskripsikan kecantikannya mulai dari rambutnya, matanya, wajahnya, dan lain sebagainya.

3. Ciptakan suasana tenang

menciptakan suasana yang tenang untuk membuat sebuah puisi itu sangat penting. Suasana tenang biasanya akan membuat seseorang menjadi konsentrasi dan rangkaian kata-kata yang dihasilkan juga akan bagus.

4. Jangan memaksakan diri

Jika kamu merasa letih, capek, dan malas membuat puisi cinta itu di secarik kertas, maka berhentilah sejenak. Jernihkan dahulu pikiran kamu dengan melihat pemandangan sekitar yang sekiranya bagus menurut kamu. Cara lain, meminum air putih dan pejamkan mata kamu sejenak untuk menjernihkan kembali pikiran.

Membuat puisi cinta berpedoman pada prinsip kebebasan yang didasarkan pada realita dalam suatu hubungan asmara. Penyatuan rasa bahagia dan duka, serta kepandaian kamu dalam makna. Dengan begitu, puisi cinta tersebut akan menciptakan sisi romantisme dan membuat jatuh hati pasangan kamu. Bagaimana, mau mencoba membuat puisi cinta untuk seseorang yang kamu cintai?

Berikut terdapat contoh puisi yang dicuplik dari salah satu blog:

Cinta itu…
 
Cinta bagaikan air laut yang mengisi sebagian isi bumi
memberi banyak kehidupan
membuat orang ingin tahu
Dan tiap orang pasti mengalami cinta
 
Cinta itu keikhlasan
Cinta itu kemauan
Cinta itu saling mengerti
Cinta itu indah jika kita bisa menempatkannya pada tempat terbaik dalam hati
 
Jadikan cinta itu indah di hatimu
Karena cinta bisa seindah yang kau mau
 
Aku mencintaimu
 
Dalam segala kurang dan lebihmu
Dalam pintaku padaNya terselip namamu yang kurindu
I love you
 

(NR)

Comment di sini