CiriCara: Cara Tepat Mempromosikan Bisnis Online

by
October 3rd, 2012 at 5:01 pm

CiriCara.com – Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi khususnya internet, saat ini menjadi media pemasaran yang cukup efektif bagi para pelaku usaha. Besarnya peranan internet membuat para pengusaha tertarik memasarkan berbagai macam produk maupun jasa mereka melalui dunia maya. Berbagai produk yang beredar di dunia maya, seperti baju, tas, makanan, jam tangan, barang elektronik, jasa pengiriman barang, hingga barang mewah lainnya.

Namun, untuk Anda yang baru akan memulai bisnis online sebaiknya mulai mempelajari bagaimana mempromosikan barang dagangan Anda agar mendapatkan laba yang memuaskan. Dicuplik dari Mediaindonesia, inilah 5 cara yang dapat Anda lakukan:

1. Mulai dari laman Facebook

Lama Facebook bisa menjadi cara terbaik membangun komunitas di sekitar bisnis. Untuk permulaan, Anda bisa mulai memasukkan foto sampul menarik yang menampilkan produk. Cara lain, menjadikan logo merek Anda sebagai gambar profile.

2. Berbagi foto di pinterest

Pinterest merupakan virtual pinboard di mana Anda bisa memasukkan foto atau gambar ke dalam kategori-kategori yang bisa disesuaikan namanya atau semacam album. Misalnya, “Food and drink” di mana berisi foto dan gambar makanan serta minuman yang Anda sukai.

3. Aktif di media sosial

Agar bisnis bisa dikenal orang banyak, tidak cukup hanya dengan menyebar luaskan melalui Facebook dan Twitter. Namun, Anda harus menjalankannya secara aktif dan mem-posting foto atau kutipan menarik yang berhubungan dengan bisnis. Lakukan kegiatan ini setidaknya sehari sekali, tujuannya adalah agar orang lain tertarik untuk melihat-lihat barang dagangan Anda di media sosial tersebut.

4. Membuat blog

Selain aktif di Facebook dan Twitter, Anda juga bisa membuat blog mengenai bisnis dan kerajinan. Setelah Anda mem-posting tulisan, lalu sambungkan ke Facebook dan Twitter. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan ke email teman-teman. Perlu diingat bahwa jangan membuat tulisan yang terlalu panjang karena akan membuat orang lain bosan membacanya.

5. Membuat jaringan sesama pebisnis

Jika Anda memiliki bisnis kue, maka bergaulah dengan koki kecil maupun besar yang terhubung melalui Linkedln atau mengirimkan pesan ke Facebook. Dengan begitu, Anda bisa berbagi pekerjaan dengan mereka dan mendapatkan wawasan bagaimana cara menjalankan bisnis online. Setelah itu, mintalah mereka untuk mempromosikan produk atau jasa Anda di blog atau situs mereka lainnya.

Dengan memahami dan menerapkan 5 cara di atas, kemungkinan bisnis online yang sedang Anda jalani saat ini akan semakin tersebar luas dan dikenal namanya oleh masyarakat. Namun, perlu diingat juga bahwa untuk tetap bersabar bila belum banyak orang yang mengetahuinya karena semua butuh waktu. (NR)