CiriCara: Cara Mencegah Rantai Motor Putus di Tengah Jalan

by
October 3rd, 2012 at 1:22 pm

CiriCara.com – Mungkin bagi Anda pengendara motor, pernah mengalami yang namanya rantai putus di tengah jalan. Pastinya sangat mengesalkan bukan? Apalagi bila Anda sedang tergesa-gesa untuk berangkat sekolah, kuliah, kerja atau ada keperluan mendadak.

Oleh karena itu memperhatikan kondisi rantai sangatlah penting sekali. Berikut ini adalah beberapa tips yg dapat dilakukan untuk mencegah agar rantai motor Anda tidak putus ditengah jalan :

1. Periksa Kebersihan Rantai

Langkah pertama adalah bersihkan terlebih dahulu rantai dari kotoran dan air. Sering-seringlah mengecek kebersihan rantai Anda.

2. Lumasi Rantai

Lumasi rantai motor Anda secara berkala ,minimal 1 bulan sekali (2.000-3.000 km) dengan pelumas khusus rantai motor atau chain lube yang banyak dijual di pasaran. Gunakan kuas kecil atau sikat gigi, olesi pelumas dengan merata. Tetapi bila Anda menggunakan rantai motor O-Ring tidak perlu diberi pelumas, cukup dibersihkan saja.
“Rantai yang menggunakan O-ring tidak perlu pakai pelumas cukup di bersihkan. Rantai O-ring bisa digunakan untuk motor besar,” kata Divisi Service PT YMKI, Muhammad Abidin.

3. Cek Kekenduran Rantai

Cek kondisi rantai Anda, apakah terlalu kencang atau terlalu kendur karena hal ini juga sangat berpengaruh. Bila terlalu kendur maka rantai dapat lepas dari gir dudukan rantai dan sebaliknya bila terlalu kencang maka rantai dapat terbebani dan dikhawatirkan akan putus. Toleransi tingkat kekenduran rantai adalah 2-3 cm.

4. Bersihkan Gir dari Kotoran

Bersihkan gir depan dan belakang biasanya kotoran juga banyak menempel di bagian ini yang menyebabkan perputaran menjadi tidak mulus. Cek juga apakah sudah sejajar antar gir depan dan belakang.

5. Ganti Rantai

Semua barang pasti mempunyai masa pakai. Segeralah ganti rantai dan sproket apabila telah mencapai 1,5-2 tahun(15000 km).

6. Perhatikan Gaya Berkendara Anda

Gaya berkendara Anda juga sangat berpengaruh dalam menentukan awet/tidaknya rantai, pada awal hindari berakselerasi terlalu sering karena dapat memperpendek usia rantai. “Terlalu sering berakselerasi maka memperpendek usia logam” kata Muhammad Abidin

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mencegah rantai motor agar tidak putus di tengah jalan. Semoga tips diatas dapat meminimalisir masalah rantai sepeda motor Anda.

(ER)

Comment di sini