CiriCara: Cara Mencuci Helm Tanpa Keluar Duit Banyak

by
October 3rd, 2012 at 4:17 pm

CiriCara.com - Helm adalah kelengkapan utama bagi pengendara motor. Selain sebagai pelindung kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk melindungi kepala kita kita dari debu jalanan dan hujan.

Oleh karena itu perawatan helm sangatlah penting untuk mencegah bau, menjaga kebersihan dan keawetan dari pelindung kepala tersebut. Salah satunya adalah dengan cara dicuci.

Tidak perlu mengeluarkan uang banyak ke jasa cuci helm atau menggunakan bahan kimia . Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah asal dicuci dengan cara yang tepat, kotoran dan bau pasti akan hilang.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencuci helm kesayangan Anda:

1. Lepaskan Busa yang Menempel

Sebelum dicuci, terlebih dahulu lepaskan busa-busa yang menempel di helm Anda (seperti busa samping dan atas). Busa ini sangat mudah sekali untuk dibongkar pasang, terutama pada helm bermerk.

2. Basahi Helm menggunakan Air

Setelah terpisah antara busa dan helmnya. Basahi bagian luar dan dalam helm menggunakan air.

3. Lumuri Sabun

Lumuri helm dengan sabun/sampo yang lembut jangan menggunakan detergen yang keras. Gosok perlahan-lahan dengan tangan sampai terlihat bersih dan tidak ada bagian yang terlewat.

4. Bilas dengan air Bersih

Siram dengan air bersih sampai permukaan helm tidak terasa licin dan bersih dari sabun-sabunnya.

5. Keringkan Helm

Keringkan helm dengan menggunakan lap bersih. Sebaiknya gunakan lap yang berdaya serap tinggi atau lap karet juga bisa agar helm cepat kering. Helm tidak perlu dijemur biarkan saja sampai kering sendiri.

6. Mencuci Busa

Langkah terakhir yang dilakukan adalah mencuci busanya. Untuk mencuci busanya, basahi busa dengan air bersih berikan sabun/sampo yang lembut di kucek-kucek perlahan terutama pada bagian dahi dan pipi. Karena biasanya di daerah tersebut yang banyak terkena keringat. Bila dirasa ada noda yang membandel boleh gunakan sikat untuk membersihkannya. Bilas sampai bersih dan keringkan, boleh juga diangin-anginkan dengan cara dijemur.

Tidak sulit bukan? Ok, sekarang helm Anda sudah bersih, wangi, dan nyaman. Siap dipakai lagi untuk menemani aktivitas berkendara motor Anda. (ER)

Comment di sini