CiriCara: Cara Ketahui Daya Tahan Makanan di Kulkas

by
October 3rd, 2012 at 11:00 am

CiriCara.com – Kulkas menjadi tempat favorit bagi sebagian orang untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman, seperti sayur-mayur, buah-buahan, ikan, daging, makanan ringan, minuman beralkohol, dan lain sebagainya. Tujuan makanan dan minuman tersebut disimpan di dalam kulkas adalah agar tetap awet dan dapat digunakan lain kali.

Sebagian orang mungkin membiarkan beragam jenis makanan dan minuman tersimpan di dalam kulkas hingga berbulan-bulan. Mereka cenderung tak peduli dengan jangka penyimpanan produk pangan di dalam kulkas. Suhu dingin kulkas memang bermanfaat memperlambat pertumbuhan bakteri. Selain rutin mengontrol suhu agar tak lebih dari 4 derajat Celcius, Anda juga perlu memperhatikan jangka waktu penyimpanan makanan dan minuman tersebut.

Masing-masing makanan dan minuman tersebut memiliki ketahanan berbeda di dalam kulkas. Bila jangka waktu makanan atau minuman tersebut sudah habis, maka segeralah Anda buang karena sudah tidak sehat lagi. Agar makanan di dalam kulkas tetap sehat, untuk itu Anda harus memperhatikan jangka waktu penyimpanannya. Dicuplik dari Shine, inilah tips menyimpan makanan dan minuman di dalam kulkas yang benar:

1. Daging ayam

untuk menyimpan daging ayam, Anda bisa menyimpannya selama 1-2 hari saja di dalam kulkas. Namun, bila Anda menyimpannya di dalam freezer, bisa mencapai 9 bulan bahkan 1 tahun.

2. Daging atau ikan

menyimpan aneka ragam daging di dalam kulkas sebaiknya tidak lebih 2 hari. Bila lebih dari dari 2 hari, 3-5 hari, maka daging tersebut bisa diolah untuk dijadikan steak, ham, atau daging panggang. Begitu pula dengan ikan yang hanya aman disimpan 1-2 hari saja.

3. Telur

Berbagai jenis telur, ayam maupun bebek hanya boleh disimpan dalam lemari es selama 3-5 minggu saja.

4. Susu segar

Sebaiknya tidak menyimpan produk susu di dalam kulkas lebih dari 5 hari. Apalagi bila susu tersebut sudah dibuka kemasannya, sebaiknya segera dihabiskan pada hari yang sama. Jangan ragu untuk membuangnya jika muncul aroma tidak sedap.

5. Kecap dan mayones

Jika disimpan dalam wadah tertutup, mayones akan aman di dalam kulkas selama 3 bulan, walaupun rasanya masih enak. Mustard kuning bisa tahan lebih lama yaitu sekitar 6 bulan setelah kemasan terbuka. Kecap dan selai yang sudah dibuka juga harus dibuang setelah 4-6 bulaan di dalam kulkas.

6. Mentega dan margarin

Untuk mentega dengan kemasan yang sudah terbuka bisa tahan 1-3 bulan. Bila ingin tahan lebih lama, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer. Untuk margarin cenderung lebih tahan lama, sekitar 4-5 bulan.

7. Keju

Jangan Anda biasakan untuk menyimpan keju terlalu lama di dalam kulkas. Segera buang jika sudah 7 hari berada di dalam kulkas. Selain itu, perhatikan tekstur keju dengan teliti sebelum menyantapnya karena cenderung cepat berjamur. Untuk keje bertekstur keras, seperti cheddar atau keju Swisss, biasanya bisa tahan lebih lama yaitu 3-4 minggu setelah kemasan terbuka.

8. Yoghurt

Prodak olahan susu yang satu ini bisa disimpan selama 1-2 bulan di dalam freezer. Namun, bila Anda hanya berniat menyimpannya di dalam kulkas. yoghurt hanya aman disimpan selamaa 1-2 minggu saja.

9. Buah anggur, peach, pir, dan pulm

Keempat buah ini hanya bisa disimpan di dalam freezer selama 6 bulan dan 3-5 hari di dalam kulkas.

10. Jeruk dan lemon

Buah menyegarkan tersebut hanya bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-5 minggu. Sedangkan dalam temperatur ruangan jeruk hanya bisa bertahan dalam 3 hari saja.

11. Pepaya dan semangka

Buah yang memiliki khasiat untuk memperlancar pencernaan ini hanya bisa disimpan dalam kulkas selama 3 hari. Sedangkan, buah dengan kandungan air yang melimpah, semangka bisa disimpan selama 6-8 hari di dalam kulkas.

12. Sayuran

Jenis sayur, seperti bayam, kubiss, kembang kol, buncis, dan juga cabai hanya bisa disimpan dalam kulkas selama 1 minggu.

13. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan bisa aman disimpan di dalam kulkas selama 1 tahun.

14. Wortel dan jamur

Sayuran yang banyak memberikan manfaat untuk kesehatan mata ini bisa aman disimpan dalam kulkas selama 2 minggu. Sedangkan jamur hanya bisa disimpan paling lama 2 hari di dalam kulkas.

Bila Anda memperhatikan jangaka waktu makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas, maka bisa dikonsumsi dengan aman. Selain itu, Anda juga terhindar dari berbagai penyakit karena mengonsumsi makanan dan minuman yang masih sehat. (NR)

Comment di sini