Google Tarik Gugatan Lawan Apple Tanpa Alasan

by
October 3rd, 2012 at 10:02 am

CiriCara.com – Perang hak paten antara vendor smartphone masih terus berlanjut hingga hari ini bahkan Google pun turut campur dalam ‘ladang peperangan’ tersebut.

Namun, seperti yang diberitakan oleh Sidney Morning Herald, Google telah menarik kembali gugatannya yang diwakili smartphone Motorola melawan Apple tanpa keterangan yang pasti.

Melalui Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat atau International Trade Commision (ITC), Motorola Mobility menarik kembali tuntutannya atas pelanggaran yang dilakukan Apple terhadap tujuh hak paten Motorola.

Menanggapi hal ini, pihak Google yang membuat sistem operasi Android untuk Motorola menolak memberikan alasan lebih lanjut.

Perang hak paten antara Google dan Apple telah berlangsung sejak tahun 2010 sejak Apple menyuruh Google untuk membatasi perkembangan sistem operasi Android yang dimiliki oleh Google. Perang ini melibatkan vendor smartphone berbasis Android seperti Samsung, HTC dan lainnya.

Diberitakan oleh Reuters jika Apple dan Google telah berunding pada bulan Agustus lalu namun masih belum ada persetujuan baik secara tertulis maupun lisan, secara langsung maupun tidak langsung antara kedua belah pihak.

Florian Muelller yang pertama kali memberitakan tentang penarikan gugatan Google atas Apple dalam blognya menganggap jika Google menarik gugatan hanya untuk menghindari kemungkinan kalah seperti  yang dialami oleh kasus gugatan Samsung melawan Apple beberapa bulan lalu.

Hakim dari ITC menyatakan jika gugatan hak paten atas Apple meliputi fitur pengurangan kebisingan suara dan transmisi data. Keputusan final atas kasus ini akan ditentukaan bulan April tahun depan. Menurut Mueller lagi kemungkinan besar Google menunda kasus ini untuk menyiapkan strategi kemenangan melawan Apple tahun 2013 nanti.

Kemenangan terbesar perang hak paten antara smartphone tahun ini jatuh pada Apple. Pada tanggal 24 Agustus 2012 lalu, hakim di Kejaksaan Pusat California memerintahkan Samsung untuk membayar USD 1.05 miliar karena terbukti telah meniru fitur-fitur iPhone dan iPad dalam produknya.

Walaupun kalah dalam perang paten tersebut, Samsung masih menjadi vendor penjual smartphone terbesar dalam semester kedua tahun ini sementara Apple menduduki peringkat ketiga. (RN)

Sidney Morning Herald

Comment di sini