Inilah Tuntutan Para Buruh di Hari Mogok Nasional

by
October 3rd, 2012 at 12:02 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Puluhan ribu massa buruh siap menggeruduk Jakarta pada Rabu, 3 Oktober 2012 ini. Aksi ini merupakan rangkaian dari hari mogok nasional yang dilakukan oleh jutaan buruh di 21 daerah atau kota. Sebenarnya apa yang mereka tuntut?

Para buruh mengungkapkan pihaknya masih menutut hal yang sama yakni, penghapusan outsourcing, tolak upah murah, dan meminta pemajuan pelaksaan jaminan kesehatan seluruh rakyat serta meminta iuran buruh tetap dibayarkan oleh pengusaha.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Said Iqbal menuturkan bahwa aksi mogok nasional ini merupakan aksi lanjutan dari demo buruh. Pasalnya, hingga saat ini pemerintah masih terkesan diam dengan tuntutan yang mereka sampaikan pada aksi sebelumnya.

“Aksi ini dilakukan karena tidak ada respon dari pemerintah untuk bersikap,” kata Iqbal seperti dikutip, Tempo, Rabu (3/10/2012).

Iqbal menjelaskan, upah buruh di Indonesia secara rata-rata nasional masih berada di bawah upah minimum negara lain di Asia. Di Indonesia, upah minimum buruh sekitar Rp 1,1 juta per bulan. Sedangkan di China Rp 2,1 juta, Thailand Rp 2,7 juta, Malaysia Rp 4,5 juta, dan Singapura Rp 5 juta per bulan.

Dengan melihat pertumbuhan ekonomi yang seperti sekarang, Iqbal mendesak pemerintah untuk menaikan upah minimum para buruh. Ia meminta pemerintah menaikan upah minimum di Jabodetabek jadi Rp 2,5 juta dan di luar Jabodetabek jadi Rp 2 juta.

Iqbal menuturkan, upah buruh yang diterima saat ini masih di bawah kategori hidup layak. Pasalnya, upah tersebut masih belum bisa memenuhi kebutuhan riil sehari-hari para buruh. “Apalagi untuk bisa memiliki rumah atau menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi,” ujarnya.

(YG)

Comment di sini