Samsung Tuding iPhone 5 Langgar 8 Hak Paten

by
October 3rd, 2012 at 2:41 pm

San Francisco (CiriCara.com) – Peperangan antara Samsung Electronics Co dan Apple Inc nampaknya sudah semakin panas. Dua pembuat ponsel high-end ini saling tuduh masalah hak paten. Kini, giliran Apple yang dituduh melanggar hak paten Samsung.

Samsung mengaku sudah melakukan investigasi terhadap produk baru dari Apple, iPhone 5. Dari hasil tersebut, Samsung berhasil menemukan adanya pelanggaran 8 hak paten yang ada di iPhone 5. Masalah ini pun sudah dilaporkan ke pengadilan.

“Segera setelah iPhone 5 yang tersedia untuk dibeli, Samsung mulai melakukan investigasi atas produk itu,” kata perusahaan dalam gugatan ke pengadilan, Senin, 1 Oktober 2012 waktu setempat.

Dari 8 hak paten yang dilanggar iPhone 5, Samsung menuturkan produk Apple tersebut sudah melanggar dua hak paten standar dan enam fitur paten. Namun, belum diketahui kapan sidang hak paten ini digelar.

Sebelumnya, aksi saling tuding antara Samsung dan Apple juga pernah berakhir di pengadilan. Dalam sidang yang digelar pada Agustus 2012, para juri berpendapat Samsung telah melanggar hak paten sehingga diwajibkan membayar sekitar Rp 9 triliun untuk mengganti kerugian Apple.

Dua pembuat gadget terbesar di dunia ini memang sering terlibat masalah hak paten. Baik Samsung ataupun Apple terus melempar tudingan pada rivalnya. Keduanya saling tuding satu sama lain menyalin desain dan teknologi untuk perangkat mobile.

Menurut para pengamat, peperangan Samsung dan Apple dalam kasus hak paten ini mempunyai nilai yang cukup tinggi. Pasalnya, kasus hak paten ini akan mempertahankan dominasi mereka di pasar smartphone global yang bernilai US$ 219 miliar.

(YG)

Comment di sini