Tidak Ikut Demo, Buruh Perempuan Kena Sweeping

by
October 3rd, 2012 at 4:21 pm

Jakarta (CiriCara.com)Kawasan Industri Pulogadung (KIP) merupakan salah satu titik aksi unjuk rasa massal para buruh yang dilakukan hari ini, Rabu 3 Oktober 2012.

Diberitakan oleh Tribunnews.com, aksi unjuk rasa diawali dengan penutupan akses menuju Kawasan Industri Pulogadung serta menggelar mimbar bebas di Gerbang Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP). Aksi unjuk rasa masih terus berlangsung dari jam 08.00 tadi pagi hingga saat ini.

Untuk mencegah perusahaan yang tetap mempekerjakan karyawan, para peserta unjuk rasa melakukan sweeping di beberapa perusahaan di sekitar lokasi demo.

Aksi sweeping ini sempat mengalami insiden kecil ketika PT Martina Bertho, perusahaan kosmetika ternama, masih beroperasi dengan mempekerjakan sekitar 400 buruh. Massa pun memaksa perusahaan untuk menghentikan produksi.

Karena pintu gerbang yang tertutup rapat, massa sulit melakukan sweeping dan akibatnya ratusan buruh mengancam masuk dan merobohkan pagar. Namun hal ini urung terjadi karena pekerja PT Martina Bertho yang mayoritas perempuan akhirnya keluar.

Bahkan sebagian besar pekerja PT Martina Bertho yang terdiri dari wanita muda itu menangis karena kaget dengan banyaknya jumlah massa yang mengelilingi tempat mereka bekerja.

Para karyawan perusahaan kosmetika tersebut sebenarnya sudah berniat untuk mengikuti aksi mogok massal namun tidak mendapat izin dari pihak manajemen perusahaan. Hal ini diungkapkan juga oleh Aminah (23), seorang karyawan PT. Martina Bertho

“Sebenarnya kami sudah izin untuk ikut aksi, tapi manajemen tidak mengizinkan,” ucapnya di KIP, Jakarta Timur, Rabu 3 Oktober 2012.

Setelah didesak, ratusan buruh kemudian masuk kembali untuk mengganti pakaian mereka dan bergabung dengan buruh lain serta menggelar orasi di Bundaran KIP. (RN)

Comment di sini