Waduh! 23 Ribu Buruh Serbu Jakarta Hari Ini

by
October 3rd, 2012 at 9:16 am

Jakarta (CiriCara.com) – Sebanyak 23 ribu buruh diperkirakan akan menyerbu Jakarta untuk melakukan aksi mogok kerja nasional, 3 Oktober 2012 ini. Mereka menuntut penghapusan sistem kerja outsourcing dan menolak politik upah murah.

Menurut juru bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, buruh tersebut merupakan gabungan buruh dari beberapa wilayah kota di sekitar Jakarta. “Info awal yang kami terima ada 23 ribu pekerja dari ratusan ribu pekerja dari berbagai kawasan industri di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok,” kata Rikwanto seperti dikutip Tempo.

Rikwanto merincikan 23 ribu masa buruh itu terdiri dari, 5 ribu buruh dari Jakarta, 5 ribu dari Tangerang, 10 ribu dari Bekasi, dan 3 ribu massa buruh dari Depok. Mereka masih menuntut hal yang sama seperti aksi demo sebelumnya. “Hapuskan outsourcing dan tolak upah murah,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Said Iqbal mengungkapkan bahwa aksi mogok nasional ini akan dilakukan secara serempak. “Mogok nasional akan dilakukan massa berjumlah 2,8 juta orang di 21 kabupaten atau kota,” katanya, Selasa (2/10/2012) kemarin.

Rencananya aksi demo dan mogok nasional ini akan berlangsung selama seharian penuh. Menurut kabar yang ada, buruh akan memulai aksi demo sejak pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sudah dipastikan aksi demo ini akan mengakibatkan kemacetan di beberapa titik rawan demo buruh.

(YG)

Comment di sini