Awas! Broadcast Hoax Beredar di BBM

by
October 4th, 2012 at 9:13 am

Jakarta (CiriCara.com) – Layanan unggulan smartphone BlackBerry, BlackBerry Messenger (BBM), sempat lumpuh selama beberapa jam kemarin siang, Rabu, 3 Oktober 2012.

Diberitakan oleh Tempo.co, pada sore hari fitur untuk ponsel cerdas ini sudah kembali pulih namun setelahnya banyak pesan broadcast hoax yang beredar sehingga para pengguna layanan diharapkan waspada terhadap hal ini.

Pesan tersebut berisi pemberitahuan dari pihak Research in Motion (RIM) bahwa server sudah berjalan lancar namun masih dibutuhkan bantuan dari pelanggan untuk menyebarluaskan informasinya.

Pengirim mengatakan jika penerima tidak mengirim ulang pesan broadcast itu kepada semua orang di daftar kontaknya maka akun akan dinonaktifkan oleh pihak RIM. Jika penerima pesan broadcast sudah meneruskan ke semua kontak maka akan muncul simbol yang berarti ponsel telah ter-update secara otomatis.

Ketika dikonfirmasi mengenai kebenaran broadcast BBM tersebut, Public Relation Manager RIM Indonesia, Yolanda Nainggolan mengatakan bahwa RIM tidak pernah mengeluarkan penyataan dengan menggunakan broadcast message.

“Pernyataan tersebut bukan dari RIM,” ujar Yolanda kepada sumber yang sama.

Memang jika diperhatikan maka gaya penulisan dalam pesan broadcast tersebut sangat janggal karena terkesan hanya diterjemahkan apa adanya dengan kata-kata yang sulit dipahami.

Diberitakan oleh detikINET, Yolanda juga menegaskan jika pengiriman broadcast seperti itu hanya akan membebani jaringan saja

“Justru kalau broadcast message seperti ini malah akan membebani jaringan. Ini hanya kerjaan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,”tegasnya.

Berikut isi pesan broadcast hoax yang marak beredar di BBM:

“Pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami (RIM), bahwa server kami baru saja benar-benar penuh, jadi kami meminta bantuan Anda untuk memperbaiki masalah ini. 

Kita perlu pengguna aktif kami untuk mengirim ulang pesan ini ke semua orang di daftar kontak Anda untuk mengkonfirmasi pengguna aktif kami yang menggunakan BlackBerry Messenger, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak BlackBerry Messenger Anda maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda. 

Simbol akan mengupdate otomatis dalam? Anda, ketika Anda menyiarkan pesan ini. Blackberry Anda akan diperbarui dalam waktu 24 jam itu akan memiliki baru lay out dan. warna baru untuk chatting. Dear Blackberry pengguna, Kita akan melakukan update untuk BBM dari 11:00 sampai 05:00 ini ke hari. 

Anda jika Anda tidak mengirimkan ini ke semua kontak Anda memperbarui Anda akan dibatalkan dan Anda tidak akan diizinkan untuk chatting dengan kontak Anda sebagai Anda memiliki version.If pic lama tampilan Anda tidak akan berubah, itu karena ‘Blackberry ‘adalah memperbarui, silahkan kirim pesan ini ke semua kontak.”

(RN)

Comment di sini