Peneliti di Michigan Menemukan Bakteri Unik Penghasil Emas [Foto]

by
October 4th, 2012 at 11:47 am

Michigan (CiriCara.com) – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Michigan, berhasil menemukan bakteri unik penghasil emas.

Bakteri yang baru ditemukan ini mampu bertahan dalam lingkungan limbah beracun, mengurai zat racun yang ada di sekitarnya hingga menjadi emas 24 karat.

Mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi temuan ini telah dibuktikan oleh Kazem Kashefi (asisten profesor mikrobiologi dan molekul genetik), dan Adam Brown (asisten profesor elektronik dan intermedia).

Merekalah yang membuat laboratorium khusus, yang dinamai Great Work of Metal Lover, untuk meneliti bakteria yang dikenal dengan nama latin Cupriavidus metallidurans.

Di laboratorium tersebut, kedua peneliti itu memberi makan bakteri ini dengan zat klorida emas. 1 minggu kemudian, terbukti bahwa bakteri ini memproses zat beracun itu menjadi logam berharga. Kazem dan Adam menyimpulkan bahwa ini merupakan proses alamiah yang dilakukan bakteri tersebut di lingkungannya.

Dari hasil penelitian mereka, bakteri ini melakukan alkemi mikroba (microbial alchemy), yaitu mengubah klorida emas (cairan kimia beracun yang dapat ditemui di lingkungan sekitar) menjadi 99,9% emas murni. Selain itu, bakteri ini memiliki ketahanan 25 kali lebih besar dari kemampuan bertahan hidup sebuah bakteri di lingkungan beracun.

Singkatnya, bakteri Cupriavidus metallidurans memakan zat beracun yang ada di alam, lalu “feses” yang dikeluarkannya adalah bongkahan emas.

Di bawah ini adalah gambar laboratorium yang digunakan Kazem dan Adam, serta reaksi bakteri itu.

Gizmodo

Gizmodo

(yk)

Gizmodo

Comment di sini