CiriCara: Cara Melakukan Senam Otak

by
October 4th, 2012 at 4:52 pm

CiriCara.com – Otak juga seperti tubuh, oleh karena itu Anda harus merawat dan memperlakukannya dengan baik. Bila Anda ingin mendapatkan kesegaran otak, maka tidak jauh berbeda dengan bagaimana menjaga kesegaran tubuh karena tubuh dan otak saling berkaitan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar otak menjadi lebih segar adalah dengan melakukan senam otak.

Senam otak merupakan sebuah senam yang tujuan utamanya adalah untuk mempertahankan otak dengan cara melakukan gerakan badan. Dengan melakukan senam otak dapat membuat otak tidak kehilangan daya intelektual serta kesadarannya. Selain itu, senam otak ini bisa memulihkan kembali kondisi orang yang pelupa. Senam otak sendiri termasuk jenis senam ringan yang bisa dilakukan oleh siapapun termasuk orang lansia.

Gerakan yang ada pada senaam otak tersebut dibuat untuk merangsang otak kiri dan kanan (dimensi lateralitas), meringankan atau merelaksasi belakang otak dan bagian depan otak (dimensi pemfokusan), merangsang sistem yang terkait dengan perasaan yaitu otak tengah serta otak besar (dimensi pemusatan). Untuk melakukan senam otak tersebut, berikut cara yang bisa Anda ikuti:

1. Melakukan gerakan menyilang

Melakukan gerakan menyilang ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi lateralitas, seperti merangsang aktivitas mendengar, menulis, melihat, bergerak, dan sikap positif. Untuk melakukan gerakan menyilang ini, cara yang bisa Anda ikuti yaitu pundak kanan didorong ke kiri dan pundak kiri didorong ke kanan. Cara lain, Anda bisa merangkak seperti bayi, lutut kanan maju bersama tangan kiri, lutut kiri maju bersama tangan kanan. Alternatif terakhir yaitu melakukan gerakan menggambar atau menulis simetris di udara dan dilakukan secara bersamaan antara tangan kanan dan kiri.

2. Melakukan gerakan peregangan bebas

Gerakan ini dilakukan untuk merangsang otak bagian depan dan belakang. Gerakan pada bagian ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi serta menerima hal baru dan mengekspresikan hal-hal yang sudah diketahui sebelumnya. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu melakukan peregangan bebas, baik menggunakan tangan, kaki, maupun anggota tubuh yang lain.

3. Melakukan gerakan rileks

Gerakan ini akan bermanfaat untuk menenangkan, membuat perasaan nyaman, dan berpikir positif. Gerakan pada bagian ini akan melibatkan fungsi otak atas dan bawah. Ada 3 cara untuk melakukan gerakan ini, pertama letakkan kedua telapak tangan di dahi dengan jarak 2 jari dari atas alis. Cara kedua, Anda juga bisa meletakkan kedua telapak tangan di ubun-ubun. Dan cara ketiga, dalam waktu bersamaan, lakukan pernafasan teratur sambil menciptakan suasana tenang dan hening tanpa kehilangan kewaspadaan.

Dilansir Kompas.com, Dr. Ruswaldi Munir, Sp. KO, pengajar studi ilmu Kedokteran Olahraga FKUI mengatakan bahwa kebugaran otak didapatkan jika aliran darah ke otak lancar atau pasokan V O2 max-nya memadai. V O2 max adalah kemampuan ambilan oksigen oleh jantung dan paru-paru sehingga aliran darah ke semua jaringan tubuh termasuk otak akan lebih banyak. Hal tersebut akan memungkinkan otak bekerja optimal.

Comment di sini