CiriCara: Cara Bijak Menggunakan Bonus Tahunan

by
October 4th, 2012 at 2:55 pm

CiriCara.com – Ketika mendapat uang atau bonus tahunan, tak sedikit orang yang menghambur-hamburkannya. Uang itu akan dipergunakan untuk berbelanja, berlibur, dan lain sebagainya. Sebenarnya hal tersebut boleh-boleh saja Anda lakukan, tapi tidak boleh berlebihan dan harus ingat masa depan.

Bila hal tersebut selalu dilakukan, maka Anda menjadi terbiasa menggunakan uang dengan sembarang. Daripada menghambur-hamburkan uang hanya untuk kesenangan belaka, lebih baik dipergunakan untuk hal penting saja. Untuk itu, Anda perlu menyimak tips berikut ini agar bonus tahunan Anda dipergunakan dengan baik. Berikut tipsnya:

1. Bergabung dalam asuransi

Sebagian orang cenderung mengandalkan kebijakan mediclaim yang disediakan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Namun, sebenarnya klaim itu tidak selalu cukup. Oleh karena itu, gunakan bonus tahunan Anda untuk mengasuransikan jiwa. Dengan mengasuransikan jiwa tentunya akan menjamin masa depan hidup Anda secara finansial. Namun, Anda harus memilih perusahaan asuransi yang tepat agar tidak tertipu.

2. Menyiapkan dana pendidikan anak

Sebagai orangtua tentunya menginginkan anaknya memiliki pendidikan yang tinggi. Sementara biaya pendidikan semakin mahal, untuk itu mulailah menabung dari sekarang demi kepentingan anak kelak. Cara lain, Anda bisa mendaftarkan si anak untuk mengikuti asuransi pendidikan. Dengan begitu, akan mempermudah Anda nantinya dan tidak mengeluarkan biaya lagi untuk menyekolahkan anak ke jenjang yang lebih tinggi.

3. Membeli emas

Membeli emas merupakan keputusan yang baik. Bila Anda pergunakan uang bonus tahunan untuk membeli emas, maka di kemudian hari bisa bermanfaat. Entah untuk biaya pernikahan anak atau pensiunan Anda. Dengan membeli emas, tentunya tidak akan merugikan Anda karena harga emas akan semakin naik di tahun yang akan datang.

4. Berikan untuk amal

Pada umumnya ketika orang menerima bonus, biasanya dipergunakan untuk membeli barang-barang kesukaannya. Jangan biasakan hal tersebut karena sebenarnya kurang bermanfaat untuk Anda. Daripada dihambur-hamburkan begitu saja, lebih baik manfaatkan uang tersebut untuk beramal. Anda bisa beramal ke panti asuhan atau organisasi amal lainnya. Ingatlah bahwa rejeki itu datangnya dari Tuhan dan Anda harus berbagi kepada yang tidak mampu. Dengan beramal, rejeki Anda pun akan dimudahkan olehNya.

5. Melunasi utang

Hidup bila dipenuhi dengan utang akan tidak baik. Selain membuat stres, juga bisa membuat Anda jatuh sakit. Jika bonus tahunan yang Anda dapatkan cukup besar, maka pergunakan sebagian untuk membayar tagihan kartu kredit dan tunggakan lainnya. Dengan begitu, hutang yang Anda miliki akan berkurang atau mungkin sudah tak ada utang lagi.

6. Simpan untuk tujuan jangka panjang

Menabung terkadang hal yang paling sulit dilakukan bagi sebagian orang. Namun, hal tersebut harus dilakukan demi kesenangan di masa yang akan datang.  Cari satu motivasi yang bisa membuat Anda mau untuk menabung, misalnya berkeinginan untuk memiliki rumah mewah, keliling dunia, dan lain sebagainya. Dengan begitu, uang akan bisa Anda simpan.

Menggunakan bonus tahunan dengan bijak tentunya akan sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda yang akan datang. Untuk itu, bijaklah menggunakan uang mulai saat ini, termasuk bonus tahunan Anda. (NR)

Comment di sini