CiriCara: Cara Menjadi Manajer Artis Profesional

by
October 4th, 2012 at 1:52 pm

CiriCara.com – Untuk mendapat uang, tentunya Anda harus bekerja dengan tekun. Namun, pekerjaan tersebut akan terasa menyenangkan bila sesuai dengan kemampuan dan keinginan orang tersebut. Misalnya, Anda memiliki hobi menulis maka bisa bekerja sebagai penulis. Sedangkan,  bila Anda menyukai dunia hiburan, maka bisa memilih profesi menjadi artis atau manajer artis.

Bila Anda memilih untuk menjadi seorang manajer artis yang sukses dan profesional, maka diperlukan kedisipilinan, pengetahuan yang luas mengenai dunia hiburan, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar pekerjaan yang dijalani terasa menyenangkan. Namun, masih ada lagi beberapa cara yang harus Anda ketahui untuk menjadi seorang manajer artis. Mau tahu apa saja? Untuk itu simaklah tips berikut ini yang dicuplik situs Wolipop:

1. Harus mau susah

Langkah awal yang harus Anda lakukan bila ingin merintis karier sebagai manajer artis profesional adalah harus mau susah. Tidak ada jalan yang cepat untuk menuju kesuksesan, terutama bagi Anda yang ingin bergelut di dunia hiburan. Dilansir situs Wolipop, Sulung Landung, seorang manajer artis terkemuka mengatakan bahwa menjadi manajer artis itu harus berani susah, mengatur artis tak mudah karena mereka juga manusia.

2. Disiplin

Menerapkan disiplin sangat penting ketika menjadi manajer artis. Tidak hanya berlaku untuk Anda, tapi juga artisnya. Seorang manajer harus tegas dalam menerapkan disiplin walaupun pamor artis sudah cukup tenar di industri hiburan. Bila hal ini diterapkan, maka akan bisa menguntungkan si artis dan Anda.

3. Memiliki “Passion” yang kuat

Setiap pekerjaan yang digeluti, Anda harus memiliki passion yang kuat. Anda harus mencintai dan bersemangat menjalani pekerjaan tersebut. Terlebih sebagai manajer artis, Anda tidak boleh merasa terpuruk karena bisa merugikan artis dan Anda. Bila Anda merasa jenuh dan bosan, maka ingat pekerjaan ini merupakan pilihan Anda dan harus harus menjalani dan mencintai profesi tersebut.

4. Pilih artis yang cocok

Ketika memutuskan untuk menjadi manajer artis, jangan pernah sembarangan dalam memilih artis agar tidak menyulitkan Anda ke depannya. Pilihlah artis yang sehati, dengan Anda. Selain itu, harus ada chemistry juga antara Anda dan artis tersebut. Tujuannya adalah agar bisa saling menghargai satu sama lain dan pekerjaan pun bisa diselesaikan dengan mudah.

5. Mengerti keuangan dan kontrak

Mengerti keuangan serta kontrak harus dimiliki oleh seorang manajer Artis. Tujuannya adalah agar Anda tidak ditipu oleh berbagai pihak. Kontrak merupakan senjata untuk menghindari keterlambatan pembayaran klien. Untuk itu, pastikan Anda memiliki perjanjian secara tertulis yang menyatakan konsekuensi hukum bila terjadi sesuatu yang akan merugikan Anda dan artis.

6. Jangan pernah berhenti belajar

Bila Anda ingin sukses dalam karier, maka jangan pernah berhenti belajar. Sulung mengatakan bahwa dia tak pernah menyerah mempelajari banyak hal baru agar semakin berkembang. Selain itu, jangan pernah merasa puas pada kemampuan yang dimiliki saat ini. Alangkah baiknya untuk selalu belajar dan mengembangkan kemampuan lagi.

Bila Anda sudah siap dan merasa memiliki keenam kemampuan tersebut, maka gelutilah profesi tersebut. Apapun profesi yang digeluti dengan baik akan membuahkan hasil yang menyenangkan. (NR)

Comment di sini