CiriCara: Cara Tepat Merawat Lensa Kontak

by
October 4th, 2012 at 11:42 am

CiriCara.com – Memakai lensa kontak menjadi pilihan sebagian wanita untuk mebuat matanya jadi terlihat indah. Selain itu, lensa kontak juga membantu penglihatan yang hampir sama fungsinya dengan kacamata. Kepraktisan dan kenyamanannya membuat lensa kontak semakin banyak dipilih masyarakat, khususnya kaum hawa.

Namun, di balik keindahan lensa kontak ternyata bisa membuat mata Anda buta. Perawatan lensa kontak harus dilakukan dengan tepat. Bila Anda tidak merawatnya dengan baik, maka akan berakibat buta. Agar lensa kontak bisa dipakai dengan aman dan nyaman bagi pemakainya, diperlukan langkah-langkah yang sesuai dalam penggunaan dan perawatannya. Untuk itu, simaklah tips berikut ini:

1. Perhatikan setiap instruksi

Ketika memutuskan untuk memakai lensa kontak, Anda harus memperhatikan setiap instruksi yang ada di kemasan lensa kontak dan botol cairan pembersih. Perhatikan bagaiaman cara mencuci lensa kontak yang benar dan tanggal kadaluwarsa lensa kontak tersebut. Bila sudah melewati tanggal kadaluwarsa, maka Anda harus membuangnya dan belilah yang baru.

2. Mencuci tangan

Sebelum menyentuh lensa kontak, sebaiknya Anda cuci tangan dahulu dengan sabun dan bilas di bawah air mengalir. Kuman sekecil apapun bisa sangat berbahaya jika menempel pada lensa kontak Anda.

3. Bersihkan lensa dengan cairan pembersih

Jangan pernah membiarkan lensa kontak menjadi kering karena Anda tidak bisa memakainya lagi. Untuk itu, Anda harus meletakannya di cairan pembersih dan pastikan juga dibersihkan dahulu sebelum memakainya.

4. Jangan mengucek mata

Sekalipun mata Anda terasa gatal, namun jangan menguceknya. Hal tersebut bisa membuat lensa kontak menjadi tidak tepat di kornea. Bila mata terasa gatal, maka Anda bisa memberikan beberapa tetes obat mata khusus lensa kontak.

5. Tidak memakainya saat tidur

Hindari memakai lensa kontak saat tidur karena  bisa menimbulkan iritasi pada mata dan menyebabkan frame lensa rusak di mata Anda.

6. Membersihkannya setelah dipakai

Setelah lensa kontak Anda pakai, bersihkan dengan menggunakan cairan khusus pembersih lensa kontak. Caranya, teteskan 3-4 cairan pada telapak tangan yang bersih. Setelah itu, gosok lensa kontak dengan lembut selama kurang lebih 10 detik hingga kotoran yang menempel tersapu bersih.

7. Jangan sampai terkena kuku

Saat menggosok lensa selama proses pembersihan, pastikan tidak sampai terkena kuku Anda agar lensa lensa tidak mudah robek. Lakukan ada kedua sisi lensa, kemudian bilas dengan cairan pembersih. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah khusus lensa kontak.

Jika Anda sudah tepat melakukan perawatan lensa kontak, maka bisa dipakai dengan nyaman dan tidak akan menyebabkan kebutaan. Selain itu, jangan pernah menyepelekan perawatan lensa kontak demi kesehatan mata Anda. (NR)

Comment di sini