Ini Isi Ramalan Steve Jobs Tentang iPad di Tahun 1983

by
October 4th, 2012 at 11:38 am

CiriCara.com – Pada tahun 1983, perusahaan Apple Inc. yang didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne masih merupakan sebuah perusahaan kecil yang belum terkenal seperti sekarang.

Namun siapa sangka ketika orang-orang masih belum familiar dengan komputer, Steve Jobs telah memprediksikan produknya di masa depan lewat sebuah pidato di International Design Conference di Aspen.

Ditulis oleh Theweek.com berdasarkan blog Marcel Brown: Life, Liberty, and Technology, Steve Jobs menjelaskan detail iPad dalam konferensi tersebut.

Berikut 5 garis besar prediksi Steve Jobs yang sangat akurat mengenai iPad:

1. Dia memprediksikan jika nantinya setiap rumah akan memiliki komputer masing-masing

“Dalam beberapa tahun, orang-orang akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan komputer daripada bepergian dengan mobil” tulis Brown dalam blognya berdasarkan pidato Steve Jobs.

Ungkapan Steve Jobs sangat tepat dengan fenomena yang terjadi saat ini ketika orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka di depan komputer dan perangkat teknologi lainnya dibanding bepergian keluar rumah.

2. Steve menggambarkan iPad di masa depan

Walaupun telepon seluler bahkan belum diciptakan kala itu namun Steve bisa menggambarkan bentuk komputer tablet serupa iPad 27 tahun mendatang.

“Akan ada sebuah komputer dalam bentuk buku yang bisa anda bawa kemana-mana,” ungkapnya.

3. Bahkan, Steve bisa menebak inovasi Google Street View

Dalam pidatonya, Steve menyebutkan sebuah proyek pemetaan yang sedang dikerjakan oleh para peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang sangat mirip dengan teknologi Google Street View sekarang.

4. Steve juga memprediksikan konsep dasar dari App Store

Saat berpidato, Steve membandingkan industri software komputer dengan industri rekaman. Dia berpendapat bahwa saat itu banyak pengguna komputer tidak bisa memilih software komputer yang mereka perlukan namun bisa langsung pergi ke toko musik dan memilih kaset yang mereka sukai.

Steve ingin merubahnya dan berkata bahwa distribusi software saat itu sudah kuno karena bentuk software adalah digital yang bisa dibeli secara elektronik melalui telepon. Pembayaran pun, kata Steve, bisa dilakukan dengan kartu kredit.

5. Steve juga berbicara tentang kehadiran teknologi Siri

Di akhir pidatonya kala itu, Steve berbicara tentang pengenalan identitas lewat suara. Dia berbicara pada peserta International Design Conference di Aspen bahwa teknologi yang mengandalkan perintah suara tidak akan lama lagi tercipta. Walaupun saat itu Steve meragukan perkataannya sendiri, namun saat ini pengenalan identitas lewat suara itu kita kenal dalam bentuk Siri pada produk-produk Apple.

Dan inilah rekaman pidato Steve Jobs dalam International Design Conference di Aspen tahun 1983:

(RN)

The Week

Comment di sini