Inilah Penyebab Ledakan di Pipa Minyak Pertamina

by
October 4th, 2012 at 11:08 am

Antara

Bayunglencir (CiriCara.com) – Baru-baru ini pipa minyak milik Pertamina di Bayunglencir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dikabarkan meledak. Kejadian ini terjadi pada Rabu (3/10/2012) kemarin. Dikabarkan ada 3 orang dinyatakan tewas karena terbakar.

Berdasarkan penelusuran PT Pertamina, peristiwa ledakan tersebut bersumber dari 40 kolam penampungan minyak ilegal di kilometer 219, Bayunglencir. Kolam-kolam ini digunakan warga sekitar untuk menampung minyak mentah yang dicuri dari pipa milik PT Pertamina EP.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Ali Mundakir menjelaskan, kebakaran diduga berasal dari aktivitas warga yang akan membuat kolam penampungan minyak baru untuk menampung minyak curian. warga membuat kolam penampungan dengan cara melubangi tanah dan membuat alas dari terpal.

Namun, saat warga berniat mengikat terpal dengan tali menggunakan korek api, tiba-tiba api langsung menyambar minyak di kolam penampungan tersebut. Karena lokasinya yang saling berdekatan, kolam ilegal yang berjumlah 40 itupun langsung terbakar semua. Api baru bisa dipadamkan pukul 11.50 WIB.

Beruntung, api tidak menyambar pipa minyak milik PT Pertamina EP yang ada di seberang jalan. “Pertamina dengan sigap mematikan aliran minyak yang ada di pipa tersebut untuk mencegah api menyambar minyak milik Pertamina EP,” ujar Ali.

Ali berharap agar kejadian ini bisa menjadi pelajaran untuk warga akan bahayanya mencuri minyak. Ia juga mendesak aparat terkait untuk segera mengusut kasus pencurian ini sampai ke penadah minyak ilegal dari warga.

“Kasihan warga yang menjadi tameng dan kalau sudah ada peristiwa ini, warga yang jadi korban,” ujarnya, seperti dikutip VIVAnews, Kamis (4/10/2012).

(YG)

Comment di sini