Kronologi Anjloknya KRL Bogor-Jakarta di Cilebut

by
October 4th, 2012 at 2:05 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Peristiwa anjloknya Kereta Rel Listrik (KRL) di kawasan Cilebut pagi tadi, Kamis 4 Oktober 2012 terjadi sekitar pukul 06.15 saat kereta dipadati oleh penumpang yang akan menuju daerah Jakarta untuk bekerja.

Ditulis oleh Tempo.co, seorang saksi mata bernama Ria (42) menuturkan jika kereta mendadak miring ketika akan memasuki Stasiun Cilebut, Bogor.

“Dari peron, saya melihat laju kereta sudah tidak stabil,” kata Ria, Kamis, 4 Oktober 2012 kepada sumber yang sama.

Ia juga menceritakan bahwa laju gerbong satu dan dua berjalan lancar saat memasuki jalur satu namun berbeda dengan gerbong tiga yang tampak oleng.

Saksi mata juga menambahkan jika posisi kereta menjadi melintang dan menabrak sebuah pos kecil tempat pemeriksaan karcis.

Gerbong yang anjlok hanya berjumlah tiga buah sedangkan gerbong sisanya berada dalam kondisi normal. Saat gerbong kereta anjlok, penumpang langsung panik dan lari berhamburan keluar dari dalam kereta. Untungnya peristiwa ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa walaupun kereta sedang dipadati oleh pengunjung.

Bersama dengan puluhan penumpang lainnya, saksi mata ini memilih untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta naik commuter line dari stasiun Bojong Gede menuju Jakarta. Pihak stasiun juga mengumumkan  jika kereta dari arah Jakarta juga hanya berhenti di Stasiun Bojong Gede karena jalur tertutup oleh gerbong kereta yang menabrak peron.

Menurut juru bicara PT KAI Daerah Operasi I, Mateta Rijalulhaq, kereta anjlok sekitar pukul 06.15 dan hingga kini petugas masih melakukan evakuasi namun penyebab kecelakaan belum diketahui. Sempat diberitakan jika proses evakuasi kereta bisa memakan waktu hingga delapan jam. (RN)

Comment di sini