Lagi! Peringkat Indonesia di FIFA Kembali Melorot

by
October 4th, 2012 at 11:51 am

bola.net

Jakarta (CiriCara.com) – Tim nasional Indonesia butuh lebih banyak jam terbang! Begitulah tanggapan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin terkait kembali melorotnya peringkat timnas di FIFA.

FIFA baru saja merilis daftar peringkat masing-masing tim nasional yang tergabung di dalam organisasi pada Rabu (3 Oktober 2012). Pada rilis sebelumnya, Indonesia berada di peringkat ke-168. Namun kali ini Tim Merah Putih terperosok dua tingkat ke posisi 170 dengan poin 111.

“Kalau timnas kurang bertanding, sementara tim lain terus melakukan pertandingan, tentu akan mempengaruhi posisi Indonesia,” ungkap Djohar.

Ia mengatakan agenda pertandingan perlu ditambahkan untuk memperbaiki peringkat.

“Mungkin di 2013, PSSI akan mengagendakan setiap bulan ada satu pertandingan,” beber Djohar.

Dibandingkan dengan tim kuat lain dari Asia Tenggara, posisi Indonesia terbilang berjarak cukup jauh. Saingan terdekat adalah Singapura dan Malaysia yang menduduki peringkat sama yakni 162 karena memiliki poin sama, 126.

Filipina yang sama seperti Indonesia, diperkuat pemain naturalisasi, berada di peringkat ke-147 dengan 178 poin. Vietnam menyusul setelahnya di posisi 140 dengan poin 203. Dan Thailand masih menjadi raja Asia Tenggara dengan berada di peringkat 139 dengan poin 206.

Di sejumlah pertandingan terakhir, Indonesia berulang kali mengalami kekalahan, di antaranya saat melawan Korea Utara dan Malaysia di SCTV Cup.

Sebenarnya Indonesia berhasil menang telak dengan skor 5-0 saat menghadapi Brunei di pertandingan persahabatan. Namun poin dari laga ini tidak dihitung oleh FIFA karena tidak senua ofisial pertandingan memiliki sertifikat FIFA.

(hp)

Comment di sini