CiriCara: Cara Aman Saat Mengemudikan Mobil

by
October 5th, 2012 at 4:14 pm

CiriCara.com – Kecelakaan dalam lalu lintas merupakakan permasalahan yang serius di Indonesia, khususnya kota-kota besar seperti Jakarta. Saat ini jalan raya di Ibu Kota kian dipadati oleh kendaraan-kendaraan pribadi, seperti sepeda motor dan mobil. Bila pengemudi atau pengendara bersikap sembrono, maka akan berakibat kecelakaan.

Driving Skills for Life merupakan suatu cara yang ideal untuk menekan tingkat kecelakaan roda empat saat ini. Untuk mengetahui bagaimana cara aman mengemudikan mobil, Anda perlu menyimak tips berikut ini:

1. Gunakan sabuk pengaman

Gunananya memakai safety belt adalah untuk melindungi Anda dari cedera yang lebih parah ketika mengalami suatu kecelakaan. Tak menjadi masalah bila Anda sedang menggunakan mobil pinjaman, namun hal ini harus diterapkan kemanapun Anda pergi.

2. Pantau spion

Dalam keadaan apapun, Anda harus memperhatikan spion untuk mengetahui kondisi kendaraan yang ada di belakang. Kebanyakan pengemudi tidak menyesuaikan kaca spionnya dan tidak memanfaatkannya seoptimal mungkin.

3. Bersikap tenang

Pengemudi yang defensive harus mampu mengemudikan mobilnya dengan tenang atau tidak tegang. Walaupun situasi jalan sedang ramai dan padat, namun tetap saja Anda harus bersikap tenang saat berkemudi.

4. Berkonsentrasi

Pada saat  sedang berkemudi, Anda harus konsentrasi penuh pada jalanan dan situasi di sekeliling. Mengingat jalanan kota Jakarta yang sudah cukup padat, Anda harus tetap bisa berkonsentrasi dan memperhatikan keadaan jalan. Saat bekemudi Anda disarankan untuk tidak menelepon, merokok, ataupun aktifitas lain yang bisa mengganggu konsentrasi Anda. Selain itu, jangan paksakan diri Anda juga untuk mengemudikan mobil bila kondisi badan sedang tidak sehat atau kelelahan.

5. Menjaga jarak aman

Pengemudi yang defensive selalu menyediakan ruang di depan, belakang, dan samping. Memposisikan kendaraan di tengah lalu lintas secara benar merupakan cara yang bisa Anda lakukan demi keselamatan.

6. Pengoperan gigi transmisi yang ideal

Saat ini banyak produsen kendaraan yang mulai mendesain produknya sengan teknologi mesin yang mempunyai tingkat konsumsi BBM yang sangat efisien. Namun, teknologi irit bahan bakar tersebut bukanlah aspek yang bisa menjamin biaya bahan bakar dapat dikurangi. Jaga Rotation per Menit (RPM) selalu di bawah 3.000 rpm karena akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

7. Pergunakan momentum kendaraan

Ketika Anda akan mendekati perempatan, pertigaan, lampu lalu lintas, atau ingin memperlambat, angkat kaki Anda dari pedal gas lebih awal dan biarkan mobil meluncur sebelum menginjak pedal rem.

8. Matikan mesin kendaraan

Jika kendaraan berhenti dan diam kurang lebih selama 20 menit, maka akan lebih ekonomis bila mesin kendaraan Anda matikan saja.

Sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil, pastikan Anda melakukan pemeriksaan awal kendaraan. Pastikan tekanan ban sudah pas, mesin mobil baik, lampu sein menyalah, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar Anda selamat sampai tujuan. (NR)

Comment di sini