CiriCara: Cara Pintar Memilih Olahraga Sesuai Usia

by
October 5th, 2012 at 5:13 pm

CiriCara.com – Olahraga merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda. Namun, tak jarang usai berolahraga petaka justru datang. Agar olahraga tak malah menjadi petaka, Anda perlu memilih jenis olahraga yang sesuai dengan usia dan kondisi fisik.

Kasus olahraga yang salah pernah terjadi pada politisi Parta Demokrat, Adjie Massaid beberapa waktu lalu. Ia meninggal dunia akibat serangan jantung usai bermain sepak bola dengan teman-temannya. Hal ini dapat Anda jadikan pelajar bahwa untuk memilih olahraga yang sesuai dengan usia dan kondisi fisik.

Faktor usia merupakan salah satu kunci penting dalam menentukan pilihan. Berbeda usia, tentunya berbeda pula kondisi fisiknya. Untuk itu, Anda harus tepat memilih olahraga yang cocok sesuai dengan usia. Olahraga seperti apa yang bisa Anda lakukan? Ada baiknya untuk menyimak tips berikut ini:

1. Usia 20-an tahun

Saat usia Anda masih muda, otomatis keadaan tubuh pun masih kuat dan sehat. Namun, justru usia masih mudalah Anda harus menjaga kesehatan dengan berolahraga. Pastikan agar Anda selalu memberi perhatian pada bagian tubuh yang lebih kecil, seperti lengan. Jika Anda hanya melakukan push up, maka hanya akan menguatkan beberapa bagian saja dari tubuh. Dengan push up, Anda bisa mengencangkan otot dada dan bahu sehingga terlihat lebih berisi. Agar tubuh berisi secara keseluruhan, Anda bisa melakukan gerakan membungkuk sambil membawa dumbbell, lalu gerakan tangan ke arah berlawanan atau pergilah ke tempat gym.

2. Usia 30-40 tahun

Ketika usia Anda sudah 30-40 tahun, Anda harus melakukan pemansan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Pastikan Anda melakukan pemanasan selama 5-10 menit untuk melancarkan aliran darah. Anda bisa memulai berjalan kaki terlebih dahulu sebelum mulai berlari, bersepeda, atau olahraga lainnya. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga agar tidak mengalami pegal-pegal keesokan harinya. Pada orang berusia di atas 40 tahun, jenis olahraga yang dipilih seharusnya bukan yang bersifat kompetitif yang membutuhkan tenaga besar dan waktu yang lama. Namun, olahraga yang baik dilakukan, seperti aerobik, jogging, jalan cepat, atau berenang.

3. Usia 50-60 tahun

Ketika usia Anda sudah memasuki 50-60 tahun, olahraga yang bisa dilakukan yaitu dengan pilates. Latihan yang dilakukan ini mampu menguatkan otot-otot Anda. Selain itu, latihan ini juga tidak membuat benturan pada sendi, dan bagus untuk memulai latihan selanjutnya. Selain pilates, Anda juga bisa berolahraga dengan berjalan santai.

Dilansir Kompas.com, Guru Besar FK-UI yang juga spesialis jantung dan pembuluh darah RSJPD Harapan Kita, Budhi Setianto Purwowiyoto mengatakan bahwa olahraga yang dilakukan seseorang perlu terukur dan teratur, bukan asal berkeringat saja. Selain berolahraga yang sesuai, untuk membuat tubuh tetap sehat Anda juga harus menjaga gizi seimbang, berhenti merokok, dan menghindari stres. (NR)

Comment di sini