Foto: Uniknya Dinosaurus Drakula dari Afrika

by
October 5th, 2012 at 8:52 pm

Live Science

CiriCara.com – Fosil-fosil yang sering ditemukan oleh para peneliti dan arkeolog, membuktikan bahwa dinosaurus memang pernah hidup di Bumikita ini.

Setelah film Jurassic Park merajai bioskop pada tahun 1900-an, istilah seperti Tyrannosaurus Rex, Velociraptor, Triceratops, Stegosaurus, dll, tentu sudah tidak asing lagi di telinga orang dewasa maupun anak-anak.

Akan tetapi, sudah akrabkah Anda dengan jenis dinosaurus yang satu ini? Ini adalah Pegomastax Africanus. Sejenis dinosaurus yang sudah berevolusi hingga mirip seperti landak, burung kakatua, tapi memiliki taring.

Pegomastax Africanus ini ditemukan 50 tahun yang lalu di wilayah selatan benua Afrika. Meski sudah setengah abad yang lalu, jenis dinosaurus yang satu ini tetap menarik perhatian para peneliti dan kelompok pencinta dinosaurus.

Ditaksir hidup sejak 200 juta tahun yang lalu, hewan ini memiliki paruh seperti burung kakatua. Hewan purba unik ini memiliki kaki seperti Tyrannosaurus Rex (T-rex), yaitu dua kaki belakang menapak, sedangkan kedua kaki depannya seperti menggenggam.

Selain itu, bagian leher hingga punggungnya dipenuhi bulu berduri seperti landak walaupun tidak sekeras dan setajam duri landak. Uniknya lagi, hewan ini memiliki taring yang tajam. Itulah sebabnya, Pegomastax ini juga disebut-sebut sebagai “Dinosaurus Drakula”.

Seorang paleontolog dari Universitas Chicago, Paul Sereno mengatakan bahwa kombinasi anatomi tubuh dan gigi dari hewan purba ini menimbulkan beberapa keunikan. Misalnya, gigi taring yang panjang menunjukkan kalau hewan ini adalah pemburu dan karnivora, tapi bentuk paruh seperti kakatua itu cocok bagi hewan pemakan biji-bijian, ditambah lagi struktur gigi belakangnya adalah susunan gigi untuk mengunyah tumbuh-tumbuhan. Jadi?

Menurut keterangan Paul, Pegomastax ini merupakan salah satu perpaduan antara 2 divisi utama dinosaurus, yaitu kelas burung berpinggul (ornithischians) dan juga kelas dinosaurus bertanduk seperti Triceraptor, yang memiliki tulang berlapis dan mulut berparuh. Sedangkan, masing-masing divisi utama itu merupakan percampuran dari divisi dinosaurus lainnya sehingga darah karnivora dan herbivora mengalir dalam tubuh Pegomastax ini.

Ketika hewan ini hidup, silsilah keluarga dinosaurus itu mulai terpecah, maka jadilah Pegomastax sebagai spesies dinosaurus yang berevolusi.

Demikianlah sedikit penjabaran mengenai jenis dinosaurus unik, Pegomastax Africanus. Di bawah ini adalah beberapa gambar sketsa dan replika tengkorak Pegomastax Africanus:

Live Science

scitechdaily

(yk)

Live Science

Comment di sini