Rutan Militer Guntur, Tahanan Angker Untuk Koruptor

by
October 5th, 2012 at 4:09 pm

Jakarta (CiriCara.com)Penjara Militer Guntur, Manggarai, Jakarta Selatan akan menjadi rumah tahanan bagi para koruptor sesuai dengan keputusan KPK yang menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan pihak TNI.

Warga sekitar mengenal bangunan tahanan ini sebagai tempat yang seram, angker dan misterius. Diberitakan oleh Detikcom, berbagai kisah angker beredar di dalam  penjara ini.

“Memang seram banyak cerita mengenai penjara Guntur,” kata Maman, tukang sol sepatu kepada sumber yang sama, Jumat, 5 Oktober 2012.

Menurut cerita Maman yang sudah bekerja di dekat area penjara sejak tahun 1970, konon di dalam penjara Guntur terdapat kolam lintah dan kolam listrik yang digunakan untuk menyiksa tahanan.

Rutan Militer Guntur yang terletak di Manggarai, Jakarta Selatan berwujud sebuah bangunan tua bergaya Belanda yang awalnya merupakan gedung sekolah dan bioskop.

Bangunan yang sekililingnya ditutup dengan seng terkesan kurang terawat sehingga setiap malam banyak orang tidak berani melintas di gedung tersebut setelah pukul 22.00.

Terlepas dari cerita mistis yang beredar di sekitar penjara, pada masa Orde Baru, Rutan Guntur digunakan sebagai rumah binaan tahanan politik.

Anggota DPD RI asal DKI Jakarta, Andi Mapetahang Fatwa pernah merasakan suasana penjara Guntur kala itu. Menurut buku ‘Of Self and Injustice’ karangan Watson diceritakan bahwa Fatwa mendapat perlakuan tidak manusiawi ketika dipenjara di sana.

Namun walaupun Rutan Guntur adalah sebuah tahanan militer, nantinya koruptor akan tetap dikelola sesuai dengan prosedur KPK. Penggunaan rumah tahanan ini digunakan untuk memberikan efek jera kepada para koruptor selama beberapa waktu sekaligus memanfaatkan aset negara yang tidak digunakan. (RN)

Comment di sini