Single Vs Jomblo Apa Bedanya?

by
October 5th, 2012 at 10:02 am

CiriCara.com – Banyak orang yang beranggapan bahwa yang namanya tidak punya pacar adalah jomblo. Padahal perkataan itu adalah salah. Jomblo itu adalah orang yang tidak punya pacar karena belum “laku”. Dia yang masih jomblo selalu berusaha mencari pacar dengan cara bagaimanapun agar status jomblo tidak melekat dalam dirinya.

Sedangkan single adalah orang-orang yang tidak memiliki pacar karena prinsip. Prinsipnya adalah dia tak akan berpacaran karena hal tersebut merupakan sesuatu yang dilarang dan diharamkan oleh agama. Selain itu, dia juga akan menjalani hari-harinya dengan sibuk bekerja. Biasanya, si single ini sudah siap menikah walaupun belum memiliki pendamping. Untuk lebih jelas mengetahui perbedaan si jomblo dan si single, simak penjelasan berikut ini:

1. Pada saat malam minggu

Malam minggu waktunya pacaran, hal itu berlaku bagi sebagian orang yang memiliki pasangan. Namun, bagaimana yang saat ini sedang single atau jomblo? Tentunya mereka juga akan melakukan kegiatannya masing-masing. Apa yang dilakukan si jomblo dan si single pada saat malam minggu?

Si jomblo: Dia akan panik bila malam minggu tiba dan masih mencari seseorang untuk menemaninya malam itu. Dia akan BBM, SMS, atau menelepon temannya untuk minta ditemani malam mingguan. Namun, permintaan itu kebanyakan ditolak karena temannya mau pacaran. Alhasil, si jomblo basi sendiri di rumah, lalu galau.

Si single: Sebelum malam minggu tiba, dia bakal nanyain teman-temannya apakah ada acara atau tidak. Misalnya temannya tak ada rencana, dia bakal bikin rencana buat jalan, makan-makan atau mungkin berpesta. Sedangkan, bila temannya sudah ada rencana, dia akan menyibukan diri sendiri dan menikmatinya, seperti menonton DVD, bermain video game, dan lain sebagainya.

2. Respon lihat orang pacaran

Si single dan si jomblo memiliki respon yang berbeda pada saat mereka melihat ada orang pacaran. Pada saat mereka jalan bareng di mall dan melihat itu, respon yang diungkapkan adalah berkut ini:

Si jomblo: Saat melihat orang pacaran, si jomblo akan merasa iri dan berkata, “Kapan gue bisa kaya gitu?.” Dan dia juga selalu mengomentari pasangan yang dilihatnya, seperti “Ceweknya cantik banget, tapi kok cowoknya kurang oke ya, mendingan sama gue deh.”

Si single: Bagi si single bila melihat orang pacaran, respon dia akan biasa saja. Selain itu, dia juga lebih mementingkan dirinya sendiri daripada orang yang berpacaran itu. Misalnya, “Makanan yang dipegang tuh cewek sepertinya enak, beli yuk!.”

3. Saat ditanya kapan menikah

Situasi yang terlihat jelas antara si jomblo dan si single adalah saat mereka ditanya kapan menikah. Mereka akan menanggapinya berbeda-beda, nah inilah yang mereka katakan:

Si jomblo: Saat ditanya “kapan menikah”, si jomblo bakal cengar-cengir gak jelas, bete, dan menjawab asal pertanyaan tersebut yang membuat orang lain semakin bersemangat menanyakannya. Misalnya, pada saat dia ditanya tantenya, dia akan merespon, “Belum tahu nih, aku lagi jomblo.” Lalu, respon yang diberikan tantenya pun akan semakin meluas dengan mengatakan, “Anak temen tante seumuran kamu baru saja dilamar dan rencananya akan menikah dua bulan lagi, kamu cepet nyusul dong nanti keburu basi loh.”  Intinya, pertanyaan “kapan menikah” akan membuatnya sakit kepala dan segera mencari pacar baru.

Si single: Sementara bagi si single bila ditanya “kapan kawin” dia akan menjawab diplomatis, seperti “Nanti lah tante, aku belum siap. Fokus kerja dulu aja, cari uang yang banyak habis itu baru deh menikah.” Atau bila si single menanggapinya dengan serius, maka dia akan menjawab, “Nanti deh, jodoh itu kan di tangan Tuhan, mental dan materinya kan juga harus dipersiapkan matang-matang.” Jawaban-jawaban yang diberikannya biasanya akan membuat orang yang menanyakan menyerah dan tak mau “kepo” lagi.

Nah, sudah tahu kan perbedaannya. Bagi yang jomblo tak usah jaim dan akui saja bahwa kamu memang seperti itu. Setelah membaca ini, jangan pindah untuk menjadi single yang tiap malam kerjaannya hanya menonton video girl band atau boy band dan menghayal agar salah satu dari mereka bisa dijadikan pacar. Mimpi kali ya.

(NR)

Comment di sini