Terkubur 30.000 Tahun, Mammoth Ini Ditemukan Bocah Rusia 11 Tahun

by
October 5th, 2012 at 4:08 pm

Daily Mail

Taymyr (CiriCara.com)Penemuan unik baru saja dilakukan oleh seorang bocah 11 tahun asal Rusia. Bocah itu adalah Yevgeny Salinder.

Bocah laki-laki ini mungkin bercita-cita untuk menjadi seorang arkeolog nantinya, sehingga dia bertingkah seperti seorang ilmuwan yang sedang mencari penemuan bagus dengan menjelajah daerah dekat rumahnya, yaitu di kawasan Taymyr, dekat dengan stasiun Sopkarga, sebelah utara Rusia.

Hal yang menakjubkan, Yevgeny malah menemukan bangkai Mammoth (mamut) yang masih dalam keadaan setengah utuh. Mammoth adalah hewan purba yang masuk dalam genus gajah. Orang-orang lebih sering menyebutnya dengan sebutan gajah purba. Ukuran tubuh mammoth lebih besar dibandingkan gajah normal yang hidup di zaman ini, dan juga hewan ini memiliki bulu yang panjang.

Setelah tertegun melihat apa yang dia temukan dari hasil menggalinya, bocah ini langsung memberitahukan hal tersebut kepada orangtuanya. Kemudian, berita ini menarik perhatian para arkeolog dan peneliti Rusia sehingga mereka pun datang ke lokasi untuk meninjau bangkai tersebut.

Para peneliti yang menyelidiki kondisi bangkai mammoth jantan ini memperkirakan bahwa hewan purba ini sudah terkubur selama 30.000 tahun.

Alexei Tikhonov, seorang ilmuwan spesialis mammoth dari Akademi Ilmu Pengetuhan Rusia mengatakan bahwa temuan seperti ini terakhir kali ditemukan pada 1901. Tidak disangka kalau lebih dari 100 tahun, baru ditemukan kembali bangkai hewan purba ini.

Daily Mail

Daily Mail

Kondisi bangkai mammoth ini masih terbilang bagus karena gading, bagian tengkorak kepala, setengah bagian dari perut, bahkan lapisan lemak di dalamnya masih dapat terlihat jelas.

Ini adalah temuan yang hebat yang tidak sengaja dilakukan oleh seorang bocah yang berbakat untuk menjadi arkeolog nantinya. Oleh karena itu, Daily Mail melaporkan bahwa untuk menghargai dan mengenang jasa Yevgeny, nama panggilannya, Zhenya dipakai untuk menamai bangkai mammoth hasil temuannya ini. (yk)

Daily Mail

Comment di sini