CiriCara: Cara Aman Mengemudikan Mobil Saat Hujan

by
October 8th, 2012 at 3:11 pm

CiriCara.com – Cuaca di Indonesia, khususnya kota Jakarta bisa dibilang anomali, terkadang panas dan tiba-tiba turun hujan deras. Kondisi seperti ini tentunya membuat pengendara tidak siap mempersiapkan diri saat hujan turun. Kondisi hujan deras yang biasanya diselimuti dengan kabut membutuhkan teknik mengemudi khusus karena berkurangnya jarak pandang.

Dicuplik dari Okezone.com, pelajaran penting yang diberikan oleh Jakarta Defensive Driving Center (JDCC), pada acara Ford Driving Skills for Life adalah Anda diharuskan untuk memeriksa rem, kemudian tingkatkan cairan atau level cairan, seperti aki, radiator, oli, dan bensin sebelum berpergian menggunakan mobil. Selain itu, agar berkemudi aman dan selamat sampai tujuan pada saat turun hujan, Anda juga perlu menyimak tips berikut ini:

1. Melambatkan laju mobil

Pengemudi wajib melambatkan laju mobil ketika sedang hujan. Mobil biasanya membutuhkan waktu reaksi yang lebih lama meskipun pada kondisi yang sedikit basah.

2. Perhatikan jarak pengereman

Saat kondisi hujan, proses pengereman akan membutuhkan lajur yang lebih panjang dari pada saat kondisi kering. Anda harus mengatur jarak pengereman lebih jauh dari bisanya agar kendaraan bisa berhenti dengan tepat.

3. Hati-hati ketika menurunkan gigi

Jika traksi rendah, maka tindakan ini dapat menyebabkan roda penggerak terkunci sesaat dan menyebabkan selip.

4. Hidupkan lampu pada “day time” atau lampu kecil

Seringkali para pengemudi mobil menggunakan lampu haazards saat kondisi hujan. Lampu hazards dapat mengganggu pandangan pengemudi lainnya. Sebaiknya Anda menggunakan lampu day time agar tidak mengganggu pengendara lain.

5. Hindari genangan air melebihi tinggi knalpot

Genangan air yang tinggi dapat mengakibatkan mobil Anda mogok dan merusak mesin mobil. Sebaiknya, Anda tidak merobos genangan air tinggi terlebih banjir bila tidak ingin mobil mengalami kerusakan mesin.

6. Waspada saat mendahului atau didahului

Semburan air dari kendaraan besar, seperti bis bisa mengurangi jarak pandang Anda. Selain itu, terpaan angin juga bisa menyebabkan Anda kehilangan kontrol kendaraan. Untuk itu, Anda harus lebih berhati-hati dan fokus berkemudi di saat hujan turun.

Saat hujan turun, Anda tentunya menggunakan wiper. Untuk itu, periksa selalu kondisi wiper dan pembersih kaca depan secara berkala. Tangki pembersih kaca juga harus terisi penuh dengan cairan yang tepat. Gantilah bilah wiper jika meninggalkan bekas di kaca depan atau ada bagian yang terlewat saat wiper  dioperasikan. Tujuannya adalah agar tidak mengganggu penglihatan Anda saat berkemudi dan agar Anda selamat sampai di tujuan. (NR)

Comment di sini