CiriCara: Cara Cerdas Mencari Pekerjaan Melalui Twitter

by
October 8th, 2012 at 5:03 pm

CiriCara.com – Saat ini media sosial, seperti Linkedln, Facebook, dan Twitter tidak hanya digunakan orang untuk kesenangan saja, tapi juga digunakan sebagai tempat mencari pekerjaan. Selama ini mungkin Anda sudah mendengar bagaimana seseorang memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, bagaimana dengan Twitter?

Twitter memang tak seformal Linkedln dan mungkin cukup sulit untuk menjaga citra diri di Twitter.  Namun, ada cara lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan karier atau mencari sebuah pekerjaan baru di Twitter. Mau tahu apa saja caranya? Untuk itu, Anda bisa menyimak tips berikut ini yang dicuplik dari TwiTip:

1. Mencari dan mem-follow akun yang sering menginformasikan pekerjaan

Bila Anda pengguna Twitter aktif, selalu membuka twitter alangkah baiknya untuk mulai mencari akun yang menginformasikan pekerjaan. Biasanya akun tersebut menginformasikan kepada publik mengenai lowongan pekerjaan dan magang. Setelah mendapatkan akun tersebut, Anda bisa melanjutkan untuk mem-follow. Bila mem-follow akun tersebut, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi pekerjaan yang Anda inginkan.

2. Mem-follow akun perusahaan yang Anda incar

Agar lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, Anda juga bisa mem-follow akun perusahaan incaran beserta orang-orang penting yang terlibat di dalamnya.  Dari situ Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai perusahaan dan bisnis mereka. Selain itu, biasanya orang-orang penting tersebut juga akan menginformasikan kepada follower-nya jika perusahaannya membuka lowongan pekerjaan.

3. Jangan sembarangan nge-tweet

Jangan sembarangan menulis tweet yang mungkin akan merusak kredibilitas Anda. Cobalah untuk membuatnya tampak profesional, misalnya dengan memberikan opini mengenai suatu permasalahan yang sedang ramai dibicarakan publik atau memberikan artikel yang menurut Anda menarik.

4. “Retweet tweet” menarik

Anda juga bisa me-retweet tulisan yang menarik dari para profesional yang di follow. Jangan lupa juga untuk menambahkan komentar cerdas mengenai tweet mereka. Jagalah interaksi Anda dengan mereka agar tetap terlihat profesional sehingga bisa membuat hubungan nyata dengan mereka.

5. Pantau terus  setiap tweet mengenai lowongan pekerjaan

Pasang mata Anda baik-baik untuk setiap tweet yang berisi lowongan pekerjaan atau magang. Jangan malu bertanya kepada para profesional melalui direct message untuk meminta saran agar bisa bekerja di perusahaan yang diminati.

Jika hal tersebut sudah diterapkan dengan baik, maka Anda hanya tinggal menunggu panggilan pekerjaan. Perlu diingat juga agar tidak hanya aktif di Twitter saja, namun Anda juga harus aktif mencari lowongan pekerjaan di media sosial lainnya atau mengikuti job fair. (NR)

Comment di sini