CiriCara: Cara Pintar Memilih Handuk Untuk Mandi

by
October 8th, 2012 at 2:12 pm

CiriCara.com – Mandi merupakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebagian besar masyarakat. Sebagian besar masyarakat bahkan mandi sehari dua kali agar badannya dijauhi dari kuman. Untuk mengeringkan badan setelah mandi, tentunya Anda menggunakan handuk. Handuk memang tak bisa dilepaskan dari aktifitas Anda di kamar mandi. Fungsinya handuk yaitu untuk membuat tubuh Anda lebih cepat kering setelah mandi.

Penggunaan handuk yang baik dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit kulit, seperti gatal-gatal, panu, kudis, dan penyakit kulit lainnya. Kondisi kulit dengan kelembapan yang terjaga akan meminimalisir terjadinya gangguan kulit, seperti jamur. Agar terhindar dari permasalahan kulit tersebut, Anda harus tepat memilih handuk yang dipakai untuk mandi. Bagaimana cara memilih handuk yang tepat untuk mandi? Untuk mengetahuinya, sebaiknya simak tips berikut ini:

1. Berbahan katun

Pilihlah handuk yang 100 persen berbahan katun. Alasannya adalah agar halus di kulit Anda dan bisa menyerap air secara maksimal. Bila Anda salah memilih bahan handuk, maka air yang masih menempel di tubuh Anda bisa menimbulkan penyakit kulit.

2. Jangan memilih yang terlalu lembut

Penambahan pelembut yang berlebihan pada handuk dapat mengurangi daya serap air. Namun, jangan memilh yang berbahan kasar juga karena bisa melukai kulit. Saat Anda membeli handuk, belilah handuk dengan kelembutan normal, tidak terlalu lembut atau terlalu kasar. Perlu diketahui juga bahwa prinsip dasar memilih handuk adalah bisa menyerap air lebih banyak dan nyaman Anda gunakan.

3. Carilah handuk dengan pintalan yang rapat

Handuk dengan pintalan rapat biasanya lebih empuk dan nyaman dipakai, berdaya serap tinggi, dan tidak mudah rusak. Semakin tebal handuk, maka semakin bagus juga daya serapnya terhadap air.

Agar handuk lebih nyaman Anda pakai, pilih juga motif sesuai minat dan selera Anda. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan handuk dengan mencucinya seminggu sekali. Tujuannya adalah agar handuk tetap bersih dan nyaman saat dipakai. Bila Anda sudah tepat memilih handuk untuk mandi dan menjaga kebersihannya, maka akan dijauhkan berbagai penyakit kulit, seperti panu, gatal-gatal, kurap, kudis, dan lain sebagainya. (NR)

Comment di sini