Nanti Malam Ada Hujan Meteor Draconids

by
October 8th, 2012 at 2:26 pm

Ilustrasi

Jakarta (CiriCara.com) – Hujan meteor adalah salah satu fenomena dari ilmu astronomi yang paling ditunggu-tunggu. Dan hal menarik itu diprediksi akan terjadi pada Senin (8/10/2012) nanti malam. Jadi, jangan lewatkan!

Profesor Riset Astronomi Astrofisika LAPAN, Thomas Djamaluddin menuturkan bahwa fenomena hujan meteor nanti malam adalah hujan meteor Draconids. Fenomena ini akan terjadi pada awal bulan Oktober.

“Awal Oktober ini memang terjadi hujan meteor Draconids. Nanti malam puncaknya, tapi sifatnya variable. Jumlah meteornya sangat bergantung pada kandungan debu sisa komet Giacobini-Zinner,” ujar Djamaluddin seperti dikutip Detikcom, Senin (8/10/2012).

Sebelumnya, pada tahun lalu (2011) jumlah meteor yang jatuh diperkirakan mencapai 600 meteor dan itu merupakan yang terbesar. Namun sayang, untuk tahun 2012 ini Djamaluddin memprediksikan hujan meteor akan terjadi lebih sedikit.

“Beda dengan tahun sebelumnya yang kandungan debu sisa kometnya masih padat sehingga hujan meteornya besar sekali,” jelas Djamaluddin yang merupakan lulusan Universitas Kyoto Jepang ini.

Menurut Djamaluddin, hujan meteor Draconids merupakan salah satu hujan meteor yang tidak bisa diperkirakan jumlahnya. Pasalnya, sisa debu dari komet Giacobini-Zinner yang mendekat ke matahari sangat variabel. Jadi, jumlah meteor tidak bisa diprediksikan.

Namun jangan khawatir, karena fenomena hujan meteor ini tetap bisa Anda saksikan. Hanya saja dibutuhkan cuaca cerah, tidak ada polusi cahaya, dan medan pandang tidak terbatas. Jika semua hal itu terpenuhi, maka Anda akan bisa menyaksikannya dengan mudah.

Bagi Anda yang ingin mencoba menyaksikannya, bisa langsung melihat ke langit pada pukul 19.00-22.00 WIB. Coba arahkan pandangan Anda ke arah utara hingga barat daya. Pastikan cuaca cerah dan tidak ada polusi cahaya.

“Setelah maghrib ada di utara, lalu menjelang pukul 22.00 WIB di arah barat daya,” jelas Djamaluddin.

Menurut Djamaluddin, fenomena hujan meteor Draconids ini cukup mudah untuk diamati karena berada di rasi bintang Orion dan tepat di atas kepala. Hujan meteor akan terlihat sekitar 3 menit sekali. Jadi, jangan lewatkan fenomena hujan meteor ini.

(YG)

Comment di sini