CiriCara: Cara Cerdas Menghemat Listrik di Rumah

by
October 9th, 2012 at 11:47 am

CiriCara.com – Kenaikan tarif dasar listrik cukup membuat pusing para ibu rumah tangga dalam mengatur pemakaian listrik di rumah. Apalagi saat ini barang-barang rumah tangga banyak yang menggunakan listrik, seperti televisi, mesin pendingin ruangan, kulkas, bahkan kompor listrik. Kecenderungannya biaya listrik yang dikeluarkan akan terus melonjak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus menghemat listrik. Cara menghemat listrik akan bermanfaat bagi Anda agar tak membayar tagihan listrik yang terlalu mahal. Jika Anda membayar tagihan listrik mahal, maka akan berdampak juga pada bumi kita. Cara menghemat listrik dapat dimulai dari partisipasi Anda. Agar Anda bisa menghemat listrik dan tak membayar tagihan listrik yang tinggi, sebaiknya simak cara berikut ini:

1. Ganti lampu pijar dengan neon

Efisiensi lampu pijar lebih rendah daripada lampu neon. Lampu pijar banyak mengonsumsi listrik, namun banyak pula efek panas yang dihasilkan. Lampu pijar memang tak begitu terang, tapi memakan banyak listrik. Sedangkan, lampu neon lebih sedikit mengonsumsi listrik.

2. Matikan peralatan elektronik yang tak digunakan

Jika Anda menggunakan fitur standby, sebenarnya peralatan elektronik masih menggunakan tenaga 70% dari energi normal. Alangkah baiknya, untuk mematikan ataau mencabut kabel listrik dari stop kontak bila sudah tidak digunakan. Dengan begitu, Anda telah berpartisipasi mengurangi emisi CO2.

3. Setrika pakaian sekaligus

Jika pakaian yang akan disetrika hanya sedikit, maka jangan disetrika dahulu. Pakailah setrika listrik secara kadang-kadang saja dengan pakaian yang agak banyak. Proses pemanasan setrika memakan daya listrik yang banyak. Jika terlalu sering digunakan, maka daya listrik juga sering terkonsumsi.

4. Turunkan suhu pendingin ruangan

Cara menghemat listrik dapat dilakukan dengan menurunkan suhu ruangan yang menggunakan pendingin udara. Turunnya suhu udara setiap 1 derajat dapat mengurangi tagihan listrik tahunan Anda lebih dari 10%. Jika ruangan tidak digunakan setiap waktu, gunakan remote untuk mengaktifkan fungsi timer.

5. Tempatkan kulkas yang tepat

Tempatkan bagian belakang kulkas agak jauh dengan dinding, minimal 15 cm. Semakin dekat dengan dinding, kulkas akan semakin aktif melakukan pendinginan. Proses pendinginan kulkas juga akan memakan daya listrik. Selain itu, jangan biasakan untuk sering membuka pintu kulkas, membuka pintu kulkas dalam waktu lama berarti menambah tarikan listrik.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik di rumah. Terkadang kita memang sering lupa untuk melakukan hal tersebut, namun dengan sedikit-sedikit menghemat tentunya akan mengurangi jumlah tagihan listrik Anda. Semoga bermanfaat. (NR)

Comment di sini