Penemuan Baru Ini Bisa Membuat Remote Control Tidak Laku

by
October 9th, 2012 at 10:52 am

Daily Mail

CiriCara.com – Setelah televisi, ponsel, dan berbagai barang elektronik dibuat semakin canggih, kini ada sebuah alat pengendali yang tidak kalah canggihnya. Alat yang diberi nama Digits merupakan semacam remote control untuk mengendalikan alat elektronikyang lain.

Digits ini diciptakan oleh para peneliti Universitas Newcastle, Inggris yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Microsoft Cambridge (Microsoft Research Cambridge).

Alat pengendali ini dibuat untuk dapat mengendalikan berbagai alat elektronik seperti televisi, radio, ponsel, bahkan bermain video game. Alat ini dilengkapi dengan kamera dan mata sensor. Sensor pada alat ini dibuat tidak bergantung pada sensor eksternal tetap sehingga, hal ini memungkinkan para pengguna untuk menggunakannya meski sedang di luar rumah sekalipun.

Daily Mail

Sedangkan kamera yang digunakan, dapat melacak gerakan tangan serta dapat mengenali gerakan-gerakan tertentu yang kemudian diterjemahkan sebagai suatu perintah.

Daily Mail

Alat canggih ini dibuat menyerupai jam tangan sehingga para penggunanya hanya perlu melingkarkan Digits pada pergelangan tangan. Uniknya lagi, kamu hanya butuh menggerakan tangan seperti menjentikkan jari, mengacungkan ibu jari, atau menggoyangkan telapak tangan untuk mengendalikan alat-alat elektronik lainnya yang ada di sekitarmu.

Misalnya, jika kamu ingin menerima panggilan masuk di ponsel, maka gerakan yang harus kamu lakukan adalah mengacungkan ibu jari/jempol.

Kecanggihan lain dari alat ini ialah terhubung kepada semua barang elektronik yang ada di sekitarmu tanpa menggunakan kabel, sehingga, meski ponselmu sedang tidak berada dalam genggamanmu atau berada di dalam tas maupun di ruangan yang berbeda, kamu tetap dapat menggunakannya.

Para peneliti yang sedang berkerja untuk merampungkan alat canggih ini mengatakan bahwa rencannya alat ini juga akan dirancang supaya dapat diguanakan untuk melakukan transaksi di ATM, sehingga para pengguna tidak perlu mengeluarkan tangannya dari saku celana saat sedang memasukkan kode PIN rahasia.

Salah satu keuntungan besar dari kecanggihan alat ini ialah keleluasaan kamu menggerakan tanganmu tanpa harus memegang remote televisi, smartphone-mu, dll. Jika alat pengendali ini sudah terjun dipasaran, kemungkinan besar, remote control tidak laku lagi.

Bagaimana? Kamu tertarik mencoba kecanggihan alat pengendali ini? (yk)

Daily Mail

Comment di sini