CiriCara: Cara Agar Akun Facebook Tetap Aman

by
October 10th, 2012 at 9:51 am

CiriCara.comFacebook merupakan jejaring sosial yang hampir digunakan oleh sebagian besar masyarakat di dunia, seperti Indonesia. Dari anak-anak hingga orangtua sudah banyak yang memiliki akun di Facebook. Jejaring sosial yang satu ini merupakan salah satu layanan media sosial terbesar yang tak luput dari ancaman aksi penipuan online.

Saat ini para penipu online sedang gencar-gencarnya mengincar para pengguna media sosial, khususnya Facebook dan Twitter. Metode yang digunakan para penipu adalah keylogger dan teknik hacking lainnya. Dengan begitu mereka dapat dengan mudah membajak akun Facebook atau Twitter Anda. Maraknya penipuan di Facebook  membuat para pengguna Facebook dituntut untuk lebih menjaga akunnya dari para incaran pelaku kejahatan tersebut.

Agar akun Facebook Anda selalu terlindungi dari berbagai macam tindakan kejahatan di media sosial, sebaiknya simak cara berikut ini:

1. Baca baik-baik panduan resmi mengenai privasi

Dengan membaca baik-baik panduan resmi mengenai pengaturan privasi dalam Facebook, tentunya Anda bisa mengatur konten mana yang bisa dibagikan ke publik dan mana yang tidak (hanya teman).

2. Pantau dan sesuaikan pengaturan privasi

Setelah mengerti apa saja yang ada dalam pengaturan privasi, Anda juga harus pantau dan sesuaikan hal tersebut. Misalnya, pada bagian “kronologi dan penandaan” atau “timeline & tagging” harus Anda atur dan disesuaikan. Pada pengaturan “review post friend tag you in before they appear on your timeline,” pilih nyala atau aktif. Hal ini akan berfungsi ketika teman-teman di Facebook menandai Anda dalam sebuah kiriman dan kiriman tersebut akan ditunda sampai Anda menerimanya secara manual.

Dengan melakukan hal tersebut, setidaknya Anda sudah berperan mengurangi korban tindak penipuan di Facebook. Selain itu, timeline Anda juga tidak akan terpenuhi oleh foto-foto yang di tag sang penipu.

3. Bersikap lebih selektif

Bersikap selektif disini artinya adalah Anda harus selektif dalam meminta atau menerima permintaan menambah teman. Jangan menerima nama yang mungin tak dikenal oleh Anda. Hal tersebut mungkin saja nama palsu atau si penipu. Begitu juga sebaliknya, jangan asal untuk menambah orang lain yang tak dikenal senagai teman Anda.

4. Ganti secara rutin password

Agar akun Facebook Anda selalu terjaga, gantilah secara rutin password-nya setidaknya 6 bulan sekali. Alangkah baiknya untuk mengkombinasikan password dengan menggunakan huruf kecil, huruf besar, dan angka. Misalnya, “10OktobeR.” Dengan begitu, akun Facebook Anda akan selalu aman.

Perlu diketahui juga bahwa penipuan yang paling sering dilakukan di Facebook, seperti click-jacking, survey scams, pencurian identitas, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda harus benar-benar menjaga akun Facebook bila tak ingin di-hacked. (NR)

Comment di sini