Atasi Kerewelan Bayi dengan 5 Perlengkapan Ini

by
October 10th, 2012 at 2:33 pm

CiriCara.com – Seorang bayi memang membutuhkan banyak perlengkapan. Tak sedikit ibu yang kerepotan untuk mempersiapkan perlengkapan tersebut walaupun bayinya masih di dalam kandungan. Perlengkapan bayi memang sangat banyak, antara lain popok, pakaian, bedongan, kain, celana, handuk, perlengkapan mandi, dan lain sebagainya.

Pakaian, popok, dan peralatan mandi memang wajib dibeli untuk keperluan bayi. Hal tersebut tentunya juga tak dilupakan oleh sang ibu. Namun, perlengkapan bayi yang seperti apa yang sangat bermanfaat untuk si buah hati nantinya? Berbagai perlengkapan yang sudah Anda siapkan tentunya harus memiliki manfaat juga untuk si bayi.

Ketika si buah hati itu rewel, biasanya sang ibu akan memberikannya ASI. Padahal, si bayi itu rewel bukan berarti dia sedang kehausan, mungkin saja dia kedinginan, kegerahan, merasa tidak nyaman, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi kerewelannya tersebut, Anda bisa membelikan perlengkapan berikut ini:

1. Selimut atau bedongan

Selimut atau bedongan bayi memang sangat diperlukan untuk kenyamanan si bayi. Bayi akan terasa sangat senang dan nyaman bila badannya dibungkus kain seperti kepompong. Bayi yang dibedong ini akan merasa kehangatan seperti ia berada di dalam kandungan ibunya.

2. Gendongan

Ketika si anak sudah memasuki usia 4 bulan, gendongan bayi sangat diperlukan, baik gendongan samping maupun gendongan depan. Anda akan selalu menggunakan ini ketika ingin mengajaknya jalan-jalan keluar rumah. Selain itu, bila si anak rewel dan susah tidur, maka Anda juga bisa menggendongnya. Hal tersebut bila dilakukan tentunya akan membuat si anak merasa nyaman dan si buah hati bisa tidur pulas.

3. Dot

Memberi si bayi dot merupakan alternatif untuk membuatnya tak rewel. Selain itu, para dokter juga mengatakan bahwa aktifitas “mengenyot” pada bayi ternya ta bisa merangsang otaknya untuk melepas unsur kimiawi tertentu. Aktifitas tersebut juga berpengaruh pada sistem sarafnya dan membuatnya merasa tenang.

4. Ayunan bayi

Belakangan ini, banyak jenis ayunan untuk si bayi. Tidak hanya mengayun ke belakang, tetapi juga ke samping. Ayunan yang mengayun ke samping tersebut dimaksudkan untuk meniru gerakan ketika isi bayi berada di dalam kandungan ibunya. Dengan mengayun-ayunkan si buah hati, biasanya dia akan bisa merasa tenang dan tertidur lelap. Jika buah hati dalam keadaan tak tidur, maka ia juga akan merasa senang dan mungkin tertawa.

5. Kursi bayi

Perlengkapan yang satu ini juga bermanfaat untuk si kecil. Anda bisa meletakkannya di kursi bayi ketika ingin memberinya makan. Namun, perlu diingat bahwa bayi boleh dalam posisi duduk ketika tulang belakangnya sudah kuat, saat berusia sekitar 4-7 bulan. Dengan meletakannya di kursi bayi, tentunya dia akan bisa melihat di sekelilingnya. Kursi bayi ini juga bisa Anda bawa saat berkunjung ke rumah teman agar buah hati tetap merasa nyaman dan tidak rewel.

Itulah berbagai perlengkapan bayi yang bermanfaat. Berbagai perlengkapan tersebut tak hanya bermanfaat untuk si bayi, tapi juga untuk Anda karena tidak terlalu repot lagi menangani si buah hati ketika dia sedang rewel. (NR)

Comment di sini