CiriCara: Cara Tepat Memilih Hewan Kurban

by
October 10th, 2012 at 12:09 pm

CiriCara.com – Beberapa hari lagi umat muslim akan merayakan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 26 Oktober 2012. Setiap merayakan lebaran haji, umat muslim yang mampu dan memiliki rezeki yang berlimpah disunahkan untuk berkurban.

Sahabat Ali r.a berkata, “Barang siapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan kurban, maka langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkan 10 keburukan, serta dinaikan 10 derajat.”

Namun, untuk membeli hewan kurban haruslah memilih hewan yang sehat. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kesungguhan Anda dalam berkurban. Hal yang harus diingat ketika ingin berkurban adalah keikhlasan dan memberikan yang terbaik. Untuk itu, Anda harus tepat memilih hewan kurban yang sehat. Bagaimana caranya? Untuk itu simaklah tips berikut ini:

1. Hewan kurban yang cukup umur

Untuk dikurbankan, Anda harus memilih hewan kurban yang cukup umur. Kambing dan domba harus berusia 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau harus berusia 22 bulan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihaat catatan kelahiran hewan tersebut. Selain itu, bisa dilihat juga dari gigi susunya. Bila gigi susunya telah tanggal, maka hewan tersebut dalam usia 12-18 bulan (kambing dan domba) dan 22 bulan (sapi dan kerbau).

2. Pilih yang sehat

Agar anda mengetahui hewan tersebut sehat atau tidak, lihatlah aktifitasnya. Bila pergerakannya aktif saat didekati, maka hewan tersebut sehat. Selain itu, perhatikan juga kondisi lain dari hewan tersebut, seperti kelincahannya, kekuatannya, semangatnya, tidak pincang, tidak gelisah, dan memiliki selera makan yang baik.

3. Memiliki rambut atau bulu yang halus

Pilihlah hewan yang memiliki rambut atau bulu yang halus, mengkilap, tidak rontok, tidak ada perubahan warna, dan tidak dihinggapi parasit kulit, seperti kutu, caplak, dan lain sebagainya.

4. Matanya bersinar dan jernih

Hewan yang sehat biasanya memiliki mata yang bersinar dan jernih. Pilihlah hewan yang matanya bersinar, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Hindari membeli hewan kurban yang matanya berwarna keruh, itu berarti hewan tersebut sedang sakit.

5. Bentuk tubuhnya harus standar

Standar disini untuk sapi dan kerbau. Sapi dan kerbau harus memiliki tulang punggung yang relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Postur tubuh yang ideal yaitu kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang atau tidak ada yang cacat.

6. Perhatikan mulutnya

Anda harus waspada bila hewan tersebut sering mengeluarkan banyak air liur dan terdapat bintil-bintil berwarna merah di dalam mulutnya. Hewan yang seperti itu mungkin saja sedang mengidap penyakit.

7. Perhatikan kondisi fisik lainnya

Kondisi fisik lain yang bisa Anda lihat yaitu hidung, mulut, kuku, kulit, buliu ekor, hingga bagian dubur hewan tersebut. Pilihlah hewan kurban yang memiliki selaput lendir hidung berwarna terang, mulut dan gusinya bersih, kukunya bersih, kulit tak ada luka apapun, bulu ekornya lebat dan bersih, dan bagian dubur yang bersih. Pastikan semua hal tersebut dalam kondisi baik.

Perlu diketahui juga bahwa Anda harus hati-hati dalam memilih hewan ternak pada saat musim hujan. Sebab, bisa saja hewan tersebut rawan terkena diare dan cacingan. Bagaimanapun juga, hewan yang akan dikurbankan itu harus benar-benar sehat. (NR)

Comment di sini