CiriCara: Ciri-ciri Anda Mengalami Dehidrasi

by
October 10th, 2012 at 10:50 am

CiriCara.com – Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan cairan. Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh. Akibatnya, konsentrasi dan stamina Anda akan menurun.

Penelitian yang dilakukan oleh pakar hidrasi dunia, Lawrence E. Amstrong dan pakaar neuro kognisi, Harris R. Lieberman menunjukkan bahwa dehidrasi 1,5 persen pada pria menyebabkan turunnya konsentrasi, daya ingat, kelelahan, serta ketegangan. Sedangkan pada wanita, efek ini akan terasa saat dehidrasi terjadi 1,3 persen.

Para ahli menyarankan agar terus mengonsumsi cukup cairan sebelum rasa haus itu muncul. Dehidrasi apabila dibiarkan akan menimbulkan penyakit lain yaitu batu ginjal. Agar tidak mengalami penyakit seperti itu, alangkah baiknya untuk mengetahui ciri-ciri Anda mengalami dehidrasi berikut ini:

1. Sering merasa haus

Sering merasa haus merupakan tanda paling mudah dan umum awal terjadi dehidrasi. Mulut dan tenggorokan Anda akan terasa kering, dan lidah sedikit membengkak. Bila Anda merasakan hal tersebut, lekaslah meminum air putih.

2. Air seni yang dikeluarkan sedikit

Karena kekurangan cairan, di dalam tubuh terjadi pengentalan plasma darah sehingga akan dikeluarkan hormon tertentu yang menyebabkan peghematan penggunaan air berupa jumlah urin yang sedikit. Mungkin Anda pernah merasakan untuk buang air kecil, namun ketika dikeluarkan jumlahnya sangat sedikit. Jika air seni yang dikeluarkan sedikit, maka Anda mengalami dehidrasi.

3. Kulit tak elastis

Ciri dehidrasi juga bisa dilihat dari keadaan kulit Anda. Untuk itu, cobalah mencubit kulit punggung tangan Anda. Jika kulit kembali dan terlihat kering, maka Anda sedang dehidrasi.

4. Sering pusing dan berkunag-kunang

Saat cairan dalam tubuh menipis, seseorang bisa mengalami pusing dan mata berkunang-berkunang. Sakit kepala ringan secara tiba-tiba ini membuat Anda merasa lelah dan ingin segera tidur. Jika sudah seperti itu, maka minumlah air putih untuk menetralisir kondisi tubuh Anda.

5. Sembelit

Orang yang menderita masalah perut terutama sembelit dan buang air besar terlambat biasanya disarankan untuk meminum banyak air putih. Kandungan partikel yang keras dalam makanan akan hancur dan menuju ususs dengan bantuan air. Untuk itu disarankan Anda yang mengalami sembelit agar meminum segelas air putih setelah bangun tidur.

6. Tak berkeringat

Jika Anda mudah berkeringat dan tiba-tiba saat ini keringat itu berkurang, maka patut waspada. Tanda-tanda tersebut merupakan kurangnya cairan dalam tubuh. Ketika tidak ada air yang diserap oleh sel kulit makan akan sulit rasanya untuk berkeringat.

Selain 6 ciri di atas, jantung berdebar-debar dan ingin makan yang manis atau asin juga merupakan ciri-ciri Anda mengalami dehidrasi. Bila hal tersebut dialami, maka segeralah Anda mengatasinya. Jika dehidrasi dibiarkan begitu saja, maka Anda akan mengalami penyakit serius, seperti batu ginjal. (NR)

Comment di sini