Danau Karachay, Tempat Paling Tercemar di Dunia

by
October 10th, 2012 at 2:49 pm

CiriCara.com – Pernahkah Anda mendengar nama Danau Karachay? Itu adalah nama danau yang terletak di negara Rusia dekat dengan perbatasan Kazakhstan.

Danau Karachay terletak di dalam area Mayak Production Association. Asosiasi Mayak ini merupakan pabrik pembuat nuklir terbesar dan sangat penting bagi Rusia pada masa itu.

Pabrik nuklir ini dibuat sekitar tahun 1940-an sebagai perpindahan tempat produksi persenjataan Uni Soviet untuk menghindari invasi dari tentara NAZI dan menjadi tempat tertutup untuk umum selama 45 tahun.

Pasalnya, danau ini menjadi tempat pembuangan limbah pabrik nuklir pada tahun 1960-an. Setelah ledakan hebat di pabrik nuklir terbesar di Chelyabinsk, pada tahun 1957.

Pada pertengahan tahun 1950-an, alih-alih memompa semua limbah ke tong dan saluran pembuangan pabrik, mereka malah mengaliri limbah beracun itu ke sungai dan danau terdekat. Salah satunya sungai Techa, yang dekat dengan wilayah pabrik dan dijadikan sebagai sumber air bagi penduduk sekitar.

Sayangnya, pihak pabrik terlambat menyadari untuk menghentikan pembuangan limbah ilegal ke danau dan sungai itu. Alhasil, pada bulan September 1957, pabrik senjata nuklir tersebut meledak dengan daya ledak yang setara dengan 80 ton bahan peledak. Akibat dari ledakan tersebut 70 ton limbah radioaktif membumbung 1,6 km tingginya.

Awan polusi yang mengandung Cesium-137 dan Strontium-90 menyebar hingga 2.330 km2. Sekitar 270.000 warga Uni Soviet dan pasokan makanan mereka terkontaminasi efek awan radiasi tersebut.

Sejarah mencatat, setelah ledakan itu, wilayah Chelyabinsk mengalami 21% peningkatan terhadap penderita kanker, 25% bayi yang baru lahir mengalami kelainan, 41% penduduknya menderita leukemia.

Selain itu, jalur pembuangan limbah pabrik ini pun hancur. Para penguasa pabrik nuklir tersebut membuat keputusan untuk membuang limbah mereka ke danau Karachay.

Akan tetapi, masalah baru kembali datang, yaitu pada tahun 1967, danau tersebut dan seluruh wilayah Chelyabinsk mengalami kekeringan yang sangat dahsyat. Debu sedimen tanah yang sudah terkontaminasi limbah radioaktif itu pun mulai beterbangan terbawa angin.

Kini, daerah di sekitar danau itu sudah tidak dapat ditinggali lagi akibat peristiwa 1957 dan 1967. Permukaan danau tersebut bukan lagi air melainkan beton. Menurut prediksi para ilmuwan, air tanah di wilayah tersebut sudah terkontaminasi hingga milyaran galon.

Jadi, danau Karachay disebut sebagai danau paling terpolusi di seluruh dunia, termasuk juga wilayah Chelyabinsk. Hal ini disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggungjawab dalam mengelola pabrik nuklir berbahaya seperti Mayak itu. (yk)

Daily Mail

Comment di sini