CiriCara: Cara Sehat Agar Anak Tidak Terkena Kanker

by
October 11th, 2012 at 4:22 pm

CiriCara.com – Sebagai orangtua, Anda tentunya ingin memiliki anak yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, seperti kanker. Untuk menciptakan keluarga yang sehat, Anda juga harus memulai gaya hidup yang sehat. Kebiasaan tidak sehat Anda dapat mempengaruhi risiko kanker pada anak.

Gaya hidup sehat haruslah dilakukan mulai saat ini dan ajarkan gaya hidup tersebut kepada anak Anda. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko kanker pada anak. Dilansir Empowher, inilah 6 cara sehat agar anak tidak terkena kanker:

1. Menjadi teladan yang baik untuk anak

Sebuah studi di Michigan State University menunjukkan bahwa cara membentuk perilaku sehat pada anak adalah dengan menciptakan kebiasaan sehat di rumah. Anda dan keluarga harus mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayur-mayur, dan biji-bijian yang baik dikonsumsi untuk mencegah kanker. Penelitian dari National Cancer Institute menunjukkan pola makan yang buruk dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai jenis kanker serta penyakit kronis lainnya.

2. Ajak anak bermain

Bermain juga bisa membuat fisik si anak lebih aktif. Ketika mulai bersekolah, dorong anak untuk memilih permainan dengan unsur olahraga, seperti berenang, bersepeda, dan olahraga ringan lainnya. Mengajak anak bermain dan melakukan kegiatan tpositif tersebut bisa membantu mengurangi risiko kanker. Selain itu, kadar hormon dan sistem kekebalan tubuh si anak akan meningkat.

3. Biasakan hidup sehat, tanpa rokok

Anak-anak dari perokok memiliki risiko yang lebih besar untuk mengembangkan penyakit tertentu, seperti infeksi pernapasan, infeksi telinga, batuk kronis, dan disfungsi paru-paru. Perlu diingat juga bahwa, perokok pasif akan mengidap penyakit juga. Untuk itu, ciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan bebas asap rokok jika si anak tidak tidak ingin terkena kanker.

4. Ajarkan anak tidur teratur

Anda juga perlu mengajarkan anak tidur yang teratur. Terapkan disiplin tidur kepada anak demi kesehatannya. Usahakan si anak satu hari tidur selama 12-14 jam per hari untu anak yang baru berusia 1-3 tahun. Selain itu, Anda juga harus membiasakan anak untuk meredupkan lampunya saat tidur. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur di ruangan gelap dapat mengurangi risiko perkembangan kanker, termasuk leukimia dan kanker payudara.

5. Mengajaknya berjemur di pagi hari

Sinar matahari pagi sangat penting untuk membantu pembentukan tulang yang kuat, kesehatan gigi dan tulang, mencegah jenis kanker tertentu, penyakit saraf, serta penyakit jantung. Untuk itu, Anda bisa mengajak anak berjemur beberapa menit saja pada pagi hari. Dengan begitu, tubuh mampu memproduksi vitamin D secara alami.

6. Kurangi pemakaian produk berbahan kimia

Diperkirakan bahwa 90% penyakit kanker dapat dicegah dengan membuat pilihan gaya hidup sehat tanpa mkemakai bahan kimia berbahaya. Racun bahan kimia dapat ditemukan dalam air minum, buah-buahan dan sayur-mayur yang diobati dengan pestisida serta dalam produk bayi, peralatan bersih, pakaian, dan lain sebagainya. Untuk itu, kurangilah barang-barang yang mengandung bahan kimia berbahaya agar anak tidak terkena racun sejak dini.

Membiasakan hidup sehat sejak dini kepada anak akan mempengaruhi kehidupannya di masa yang akan datang. Bila anak hidup sehat, maka orangtua juga yang akan merasa senang. (NR)

Comment di sini