Siswa SMA 6 dan SMA 70 Terapi “Gangnam Style”

by
October 11th, 2012 at 3:20 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Dua sekolah yang sering tawuran, SMA 6 dan SMA 70 Jakarta mengumpulkan siswanya dalam satu tempat. Acara kumpul bersama ini adalah salah satu cara untuk membentuk karakter anti tawuran. Seperti apa acaranya?

Lebih dari 500 siswa dan siswi kelas X dari SMA 6 dan SMA 70 terlihat sangat senang dalam mengikuti Emotional & Spiritual Quotient (ESQ). Mereka berkumpul bersama di gedung ESQ, Jalan Tb. Simatupang, Jakarta Selatan sambil berjoget ala “Gangnam Style” hits populer dari rapper asal Korea Selatan.

Menurut Kepala Sekolah SMA Negeri 70, Saksono Liliek Sutanto mengatakan, acara pembentukan karakter ini sebenarnya sudah lama direncanakan. Namun, baru hari ini rencana ini berhasil direalisasikan. “Pak Wamen sudah menyampaikan rencana ini,” kata Liliek saat ditemui di sela-sela acara.

Sementara itu, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, pelatihan pembentukan karakter ini bermanfaat untuk mencegah tawuran. Tidak hanya itu, penataan kurikulum negeri juga akan bisa diperbaiki melalui acara ini.

“Pak Ary Ginanjar peduli itu, sehingga ia menawarkan program ESQ ini,” kata Musliar Kasim.

Pelatihan ESQ untuk kedua sekolah ini diberikan secara gratis. Nantinya, acara ini akan dibagi menjadi tiga angkatan. Angkatan pertama diikuti oleh siswa kelas X, angkatan kedua akan diikuti oleh siswa kelas XI, dan angkatan ketiga diikuti siswa kelas XII.

“Karena kami bergerak di bidang pendidikan karakter, jadi kami memberikan pelatihan cuma-cuma,” kata Direktur Hubungan Masyarakat ESQ, M. Hasanuddin Thoyied, Kamis (11/10/2012).

Diharapkan dengan adanya acara pelatihan karakter ini, SMA 6 dan SMA 70 bisa berdamai. Sehingga peristiwa tawuran yang menewaskan Alawy, siswa SMA 6 tidak akan terulang. Apalagi, siswa dari kedua sekolah itu sudah mendeklarasikan aksi damai tanpa tawuran.

(YG)

Comment di sini