CiriCara: Cara Ajari Anak Untuk Bergaul

by
October 12th, 2012 at 4:24 pm

CiriCara.com – Seorang ibu tentunya menginginkan si anak memiliki teman banyak dan pandai bersosialisasi. Terkadang ada anak yang masih berusia 4 tahun, tapi dia sudah pandai berbicara dan memilki banyak teman. Hal tersebut dikarenakan orangtuanya pandai mengasuh dan mendidik si anak. Jika anak Anda kurang percaya diri dan bersikap malu-malu, maka beritahulah dan ajarkanlah dengan baik agar ia mau mengubahnya.

Seorang psikologi klinis dan pengarang buku “Smart Parenting for Smart Kids”, Eileen Kennedy-Moore mengatakan bahwa anak-anak mulai khawatir mengenai persahabatan pada usia 7 tahun ketika mereka memasuki fase perkembangan kognitif, tetapi tingkat kecemasan orantua mengenai interaksi sosial anaknya lebih tinggi.

Agar Anda padai bergaul dan si anak bisa bersosialisasi dengan baik, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Biarkan si anak memilih temannya sendiri

Biarkan si anak memilih temannya sendiri dan Anda jangan paksa anak untuk bergaul dengan si A, B, atau, C. Perasaan seorang anak akan berubah dengan cepat, misalnya pada suatu hari dia pulang dan akan berkata, “Akau gak mau main lagi sama si Edward”, dan beberapa hari kemudian dia akan berkata, “Mama aku tadi habis main sama Edward.” Untuk itu, biarkan anak Anda memilih temannya sendiri.

2. Latih anak dengan lembut

Kehidupan sosial yang kaku akan membuat si anak kesulitan mendapat teman. Untuk itu, Anda perlu melatih anak dengan lembut, seperti melakukan kontak mata, tersenyum, menyapa seseorang,  hingga mengobrol dengan orang lain. Sebagai orangtua, Anda harus membangun kepribadian si anak agar ia bisa tampil percaya diri di hadapan banyak orang.

3. Latih pendengaran dan keingintahuannya

Jika si anak sulit mencari teman, maka ajarkan ia fokus pada pendengaran serta keingintahuannya terhadap suatu hal. Anda harus sering-sering mengajukan pertanyaan padanya, misalnya dengan berkata, “Tadi di sekolah belajar apa nak?” atau “Besok sarapan kamu mau dibuatin apa?” atau “Ada PR tidak?.” Dengan begitu, si anak akan menjadi aktif dan percaya diri untuk berbicara.

4. Melakukan aktifitas yang bersifat sosial

Selain sekolah, Anda bisa mengajak si anak untuk mengikuti aktifitas lainnya agar meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan teman seusianya. Misalnya, mengaji, les musik, les bahasa asing, dan lain kegiatan sosial lainnya. Hal ini akan berdampak baik untuk perkembangan si anak.

5. Merayakan pesta ulang tahunnya

Anda bisa mengundang teman-teman si anak pada saat hari ulang tahunnya. Cara ini akan membuat anak Anda memiliki banyak teman dan mudah bergaul. Bila si anak malah asyik bermain game saja di rumah, maka akan membuatnya tidak peka terhadap lingkungan sosial. Untuk itu, sekali-kali Anda bisa merayakan pesta ulangtahunnya agar membuat ia merasa senang dan memiliki banyak teman.

Bila si anak sudah memiliki banyak teman, maka Anda juga harus pintar-pintar mengawasinya. Terkadang sikap anak bisa menjadi nakal bila sudah bermain dengan teman-temannya. Untuk itu, Anda juga harus mengimbangi antara belajar dan bermain si anak. Dengan begitu, si anak akan pintar dalam pendidikan dan bersosialisasi. (NR)

Comment di sini