CiriCara: Cara dan Teknik Berenang dengan Gaya Dada

CiriCara.com - Berenang merupakan salah satu olahraga yang disukai oleh sebagian orang. Dengan berenang tubuh akan menjadi sehat dan tentunya akan banyak kalori yang akan terbuang. Salah satu olahraga yang dilakukan di air ini terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung.

Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat dianjurkan bagi Anda yang kelebihan berat badan, ibu hamil, dan penderita gangguan persendian tulang. Akan ada banyak manfaatnya untuk tubuh Anda bila sering berenang, antara lain membentuk otot, meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, melatih pernapasan, menambah tinggi badan, membakar kalori lebih banyak, dan menghilangkan stres.

Selain itu, ada berbagai macam gaya untuk melakukan olahraga di air ini, seperti gaya bebas, dada atau katak, kupu-kupu, punggung, dan lain sebagainya. Semua gaya itu dilakukan dengan cara dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Namun, gaya dada atau kataklah yang paling mudah untuk dilakukan atau bisa dikatakan juga sebagai gaya yang paling dasar. Bagi Anda yang ingin memulai berenang dengan melakukan gaya dada, berikut cara yang dapat diberikan:

Gerakan Kaki

Untuk berenang dengan menggunakan gaya dada, Tekukkan dengkul kaki Anda ke dalam. kemudian pantulkan (tendang lurus dengan posisi kedua kaki renggang atau terbuka). Usahakan kaki tetap lurus, lalu rapatkan (pastikan telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan). Lakukan cara tersebut berulang-ulang.

Gerakan tangan

Tempelkan kedua telapak tangan (seperti hendak bersalaman) dan luruskan di atas kepala. Lalu, tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah). Setelah itu, luruskan kembali tangan Anda.

Gerakan kombinasi dan mengambil nafas

Untuk melakukan gerakan kombinasi, Anda bisa melakukan gerakan tangan dan kaki secara bergantian. Untuk mengambil nafas, lakukan saat gerakan tangan ke samping kanan dan kiri, lalu dongakkan kepala ke atas sambil mengambil nafas.

Itulah gerakan-gerakan dasar yang bisa Anda lakukan bila ingin berenang dengan melakukan gaya dada. Bila belum sangat lincah, maka Anda perlu melakukannya secara bertahap. Dicuplik dari situs Carapedia, berikut tahap-tahapnya:

1. Belajar di pinggir kolam

Bila belum lincah, maka Anda bisa belajar dengan berpegangan pada pinggir kolam terlebih dahulu, sambil menggerakan kaki seperti cara di atas. Ulangi gerakan kaki tersebut sampai Anda benar-benar lancar.

2. Menyebrangi kolam

Sekiranya sudah sedikit bisa, Anda bisa melanjutkan dengan menyebrangi kolam. Peganglah tangan teman Anda atau menggunakan pelampung untuk lebih melancarkan gerakan kaki.

3. Latihan mengambil napas

Saat Anda melakukan gerakan kaki, seringkali kaki tak mengapung di atas permukaan air (kaki terlalu ke bawah). Hal ini disebabkan karena kepala tidak masuk dalam air. Alangkah baiknya, saat berlatih kaki Anda bisa berlatih menggerakan kepala juga untuk mengambil napas. Masukkan kepala ke dalam air selama melakukan gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila hendak mengambil napas saja.

4. Mengapungkan badan

Sekiranya sudah lancar menggerakan kaki dan mengambil napas, Anda bisa mulai berlatih mengapungkan badan (seperti posisi meluncur). Setelah itu, lakukan gerakan kaki sesuai dengan teknik gaya dada di atas sampai ke pinggir kolam.

5. Menggerakan tangan

Setelah menguasai gerakan kaki, saatnya Anda mulai belajar untuk menggerakan tangan. lakukan tahapan dengan 2 atau 3 kali gerakan kaki, kemudian baru gerakkan tangan seperti cara di atas. Kombinasikan gerakan tangan dan kaki sampai Anda benar-benar lancar.

6. Kombinasikan gerakan dan berlatih bernapas

Lakukan dengan yakin dimulai ketika tangan bergerak ke samping. Naikkan sedikit kepala Anda ke permukaan air dan ambil napas. Lakukan lebih lama sampai jarak yang Anda inginkan.

7. Sempurnakan gerakan

Bila Anda sudah cukup lancar menggunakan gerakan kombinasi dengan teknik pernapasan yang benar, maka sempurnakanlah gaya tersebut. Caranya, Anda bisa menggerakan tangan dan kaki secara bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan, dan mengambil napas. Jangan terlalu lebaar menggerakan tangan, melainkan Anda harus menggerakannya agak ke bawah.

Bila Anda sudah sangat lancar menggunakan gaya dada atau katak ini, maka gaya berenang lainnya akan lebih mudah dilakukan. Setelah mengetahui cara di atas, apakah Anda mau mencoba melakukannya?

Berikut terdapat video berenang gaya dada yang bisa Anda lihat dan lakukan:

Selamat mencoba. (NR)


comments powered by Disqus