CiriCara: Cara Membaca Body Language

CiriCara.com – Untuk menambah kemampuanmu bergaul dan menjaga hubungan percintaanmu agar semakin kuat, adalah penting untuk mengetahui body language atau bahasa tubuh seseorang.

Pada umumnya, gerak tubuh seseorang itu menyiratkan suatu pesan yang menggambarkan kepribadian, suasana hati, serta keinginannya. Itulah sebabnya, memperhatikan gerak tubuh seseorang sangat penting untuk menunjang berbagai hubungan sosial kamu.

Inilah beberapa cara untuk membaca bahasa tubuh seseorang:

1. Perhatikan kedekatan si dia denganmu

Wiki How

Dalam masa PDKt, untuk mengetahui apakah si dia juga memiliki ketertarikan yang sama dengan kamu, caranya sangat mudah. Lihatlah, apakah dia menjauh jika kamu mencoba berkomunikasi dengannya. Ataukah dia menutup diri dan hanya berbicara seperlunya saja? Jika seperti ini keadaannya, kemungkinan besar, dia tidak tertarik denganmu. Lain halnya, jika dia sudah sangat dekat dengan kamu, itu artinya dia tidak keberatan untuk menjalin hubungan khusus denganmu.

2. Perhatikan posisi kepala

Posisi kepala saat berbicara juga dapat menjadi kunci untuk mengetahui bagaimana perasaan dan sifat si pujaan hati ini. Misalnya, posisi kepala yang dimiringkan berarti dia sedang menunjukkan rasa simpatinya, tapi jika dia memiringkan kepalanya sambil tersenyum kecil, bisa jadi dia sedang menggodamu.

Menundukkan kepala saat berbincang menunjukkan bahwa orang tersebut menyembunyikan sesuatu, atau bisa juga dia malu berbincang-bincang dengan kamu.

Sedangkan, orang yang mendongakkan kepalanya ke atas satu kali, berarti orang tersebut merasa bingung dengan perkataanmu, atau bisa juga itu adalah tanda dia menantang kamu. Hal itu dapat dipertegas dari sorot matanya ketika mendongakkan kepalanya.

3. Menirukan gerakan

Jika si dia tanpa sengaja atau sengaja senang menirukan gerakanmu, itu tandanya orang tersebut tertarik denganmu. Dia ingin seperti dirimu, itulah sebabnya dia mengikuti posisi tubuhmu setiap kali kamu bergerak.

4. Perhatikan pandangan matanya

Jika si dia sering menatap lantai atau lihat ke bawah saat berbicara denganmu atau orang lain, mungkin saja orang itu merasa malu, atau sedang kesal dengan lawan bicaranya. Biasanya orang yang melihat ke bawah saat berbicara, cenderung sedang memiliki suasana hati yang tidak baik saat itu.

Selain itu, jika si dia menerawang ke arah jauh saat berbicara denganmu, tandanya dia sedang tidak fokus pada topik pembicaraan. Dia sibuk dengan pikirannya sendiri dan tidak mendengarkan apa yang kamu bicarakan.

5. Perhatikan posisi tangan

Kecenderungan orang yang melipat tangannya di depan dada menandakan bahwa dia menutup diri dengan lingkungan sekitarnya. Tapi ada pula orang yang melipat tangannya hanya karena kebiasaan. Sedangkan, orang yang suka melipat tangan sambil menggosok-gosoknya, berarti dia sedang menenangkan dirinya dan membuat dirinya merasa lebih nyaman.

Jika orang yang sedang tidak sabar saat menunggu, biasanya mereka bertolak pinggang. Orang yang sedang kesal dan marah atau gugup, cenderung akan mengepal tangannya.

6. Perhatikan posisi kaki

Dari posisi kaki, kamu juga bisa tahu bagaimana perasaan si dia saat diajak berbicara denganmu. Jika dia menyilangkan kakinya saat duduk berarti dia merasa nyaman. Tetapi, apabila dia mengetuk-ngetukkan kakinya ke lantai dan berbunyi, tandanya dia tidak suka berada di tempat itu dan tidak sabar untuk beranjak.

Itulah beberapa body language yang mudah dikenali dan umum dilakukan banyak orang. Jika kamu bisa membaca bahasa tubuh orang lain, paling tidak memperhatikannya lebih saksama, maka kamu dapat mengerti pasanganmu lebih baik lagi, bahkan hubungan pertemananmu juga semakin terjalin erat. (yk)

Wiki How


comments powered by Disqus